Beberapa Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Anda Mulai dari Kamar Tidur Anda3 min read

[img.1] Contoh Usaha Kecil-kecilan
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Tahun sudah akan berganti, dari tahun 2018 menjadi tahun 2019. Era yang semakin canggih dan modern menawarkan banyak kesempatan, diantaranya adalah kesempatan untuk memulai bisnis kita sendiri. Jika 2018 kemarin Anda masih berdiam diri, kini saatnya ‘Action’ dengan beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang akan dibahas kali ini.

Masa-masa dimana perusahaan Apple.Inc, Microsoft, IBM, dan sejenisnya dibangun kita mengenal istilah ‘Garage Company‘. Sebuah sebutan masa kala perusahaan-perusahaan besar dimulai dari garasi saja dengan fasilitas yang terbatas.

Kini, era Millenial tentu lebih canggih lagi. Banyak startup atau bahkan solopreneur yang meraup Jutaan hingga Ratusan Juta Rupiah hanya dari kamar tidur mereka saja!

Tentu untuk sampai kesana mereka mengalami prosesnya masing-masing. Tulisan kali ini, saya akan memberi saran-saran apa saja contoh usaha kecil-kecilan yang mudah untuk pemula sekalipun agar kita semua mudah mempraktekkannya.

BACA JUGA: 9 Jenis Usaha yang Bagus dikerjakan untuk Anak Muda Era Millenials!

Beberapa Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Anda Mulai Sekarang!

[img.2] Usaha Kecil
Courtesy of Pixabay.com
Kriteria usaha kecil bagi saya ada beberapa, yaitu;

  1. Mudah memulainya
  2. Tak memerlukan dana/ modal besar
  3. Pendapatan Bisnis mudah & sederhana dalam penghitungan

Tapi jika membahas jenis usaha di atas secara umum, maka akan ada banyak sekali. Untuk itu kali ini saya akan mengklasifikasikan beberapa contoh usaha yang bisa dikerjakan bahkan dari kamar tidur Anda sendiri.

Maka dari itu, lewat kriteria-kriteria di atas saya menemukan beberapa jenis usaha kecil-kecilan yang sesuai.

1. Membangun Blog hingga Traffic Tinggi, lalu Tawarkan Spot Iklan

Anda hobi menulis? Suka beraktivitas dengan laptop atau komputer Anda? Maka memulai bisnis dengan blog bisa jadi salah satu jalan sukses Anda!

Mulailah dengan membeli hosting & domain, lalu siapkan tulisan Anda dengan menentukan niche sebelumnya terlebih dahulu.

Lalu optimalkan dengan SEO atau strategi viral di social-media hingga traffic website Anda tinggi! Setelah itu Anda bisa menawarkan spot iklan dengan memasang bannerbanner di sisi artikel, bawah, header dan lain-lain.

Atau jika beruntung, akan ada orang yang menghubungi Anda dan ingin produknya dipromosikan melalui website Anda.

2. Mendevelop Apps Android atau Software untuk PC

Sudah mulai banyak kelas coding yang menawarkan pembelajaran meng-code dalam rangka membuat aplikasi android hingga software PC.

Ikutilah beberapa, lalu praktekkan baris-baris kode yang sudah Anda pelajari tersebut di kamar tidur Anda lewat laptop atau PC.

Kombinasikan baris kode dengan design, hingga menjadi program atau aplikasi android. Selanjutnya, Anda bisa menaruhnya ke platform Google Play agar bisa di download oleh pengguna Android secara gratis!

Lalu darimana untungnya? Lewat iklan yang muncul di aplikasi Android tersebut.

Atau Anda bisa juga langsung dijual secara direct ke pembeli khususnya untuk software dengan website, landing page, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Mudah

3. Digital Art

Bermunculannya platform untuk para designer menjual hasil karyanya, menandakan ada banyak juga user yang mau membelinya! Ini yang membuat Digital Art muncul menjadi salah satu contoh usaha kecil-kecilan dengan bentuk design & digital.

Beberapa paltform seperti CreativeMarket.com, Envato.com, dan sejenisnya jadi tempat para designer menjual berbagai karyanya mulai dari; Font, Brush, Templates, Mock-up, dan lain sebagainya.

Tapi Anda yang tidak bisa design sebenarnya bisa mengakali, carilah produk PLR design dan beli. Lalu jual kembali di beberapa marketplace tersebut di atas.

Berawal dari yang Kecil, Jika ditekuni Pada Akhirnya akan Jadi Besar bahkan Raksasa

[img.3] Garasi Kecil
Courtesy of Pixabay.com
Seperti kisah di awal paragraf tadi, perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Microsoft & IBM memulainya dengan sederhana, budget sederhana, fasilitas seadanya, tapi visi & impian yang luar biasa.

Impian yang besar tadi mentransformasi hal-hal sederhana tadi menjadi raksasa, ditambah dengan ketekunan dari pribadi masing-masing team.

Begitulah beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda lakukan. Jangan pandang sebelah mata, karena yang luar biasa seringkali ‘lahir’ dari hal sederhana. 😉

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.