Cara Menjadi Orang Sukses & Menghasilkan di Bidang yang Anda Sukai, Apapun Itu

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
Cara Menjadi Orang Sukses
Courtsey of Pixabay.com

Kita pasti memiliki bidang-bidang spesifik yang kita suka & cintai, impiannya suatu hari kita bisa menjadi ahli atau master di bidang tersebut. Jika sukses, maka bidang yang kita sukai tersebut akan membiayai hidup kita. Lantas bagaimana supaya sukses? Ada banyak cara menjadi orang sukses di bidangnya masing-masing, sebentar lagi kita akan membahasnya.

Apa sih sebabnya seseorang bisa sukses? Berhasil? Terlebih di bidang yang disukai?

Salah satunya adalah faktor Why.

Seseorang yang menyukai satu bidang, mungkin saja bisa menjadi ahli di bidang tersebut. Namun agar bisa sukses menghasilkan, ide orang tersebut perlu diterima banyak orang. Disinilah peran Why berpengaruh.

Suatu ide atau hal akan bisa diterima orang banyak, jika Why yang dimilikinya kuat. Contohlah BukaLapak, marketplace jajaran atas di Indonesia ini bisa diterima banyak orang karena mereka memiliki Why yang kuat saat memulainya.

Zaki sang CEO ingin membantu para pelaku UKM bisa menjangkau pasar tidak hanya daerahnya saja, tapi juga se-Indonesia bahkan pasar Internasional. Why itulah yang diambil para penggunanya, menyerap intisari dari bisnis BukaLapak sendiri.

BACA JUGA: Bagaimana Saya Mem-Validasi Bisnis dengan 4 Poin Ini

Banyak Cara Menjadi Orang Sukses, Anda Tinggal Pilih yang Mana

[img.1] Jalan & Cara Menjadi Orang Sukses
Courtsey of Pixabay.com
Tidak ada cara yang spesifik untuk menjadi sukses, apalagi secara logis, bidang kesukaan yang banyak tidak mungkin bisa memiliki pola atau formula yang sama bukan?

Tapi dari banyaknya cara menjadi orang sukses, paling tidak saya bisa mengambil beberapa nilai yang sama yang diterapkan oleh mereka yang berhasil.

Beberapa diantaranya adalah

1. Konsisten terhadap Apa yang Dikerjakan

[img.2] Komitmen dengan Bidang
Courtesy of Pexels.com
Jika bidang A adalah yang Anda sukai, maka kerjakan sampai bidang tersebut sudah otomatis mudah Anda kerjakan. Sebuah teori mengatakan, seseorang baru akan menjadi master jika sudah melakukan suatu hal selama 1000 jam.

Apa yang bisa disimpulkan dari teori tersebut? Tentunya adalah konsistensi dalam mengerjakan sesuatu.

Saya contohkan saat saya menjalankan campaign Facebook Ads, saat split-testing saya harus konsisten menentukan mana elemen yang harus diganti dan mana yang tidak. Karena jika tidak konsisten, maka perbandingan untuk testing akan gagal karena variabelnya tercampur.

Sangat teknis sekali bukan? Apalagi jika dimisalkan pada kehidupan yang general, konsistensi adalah jalan keberhasilan.

2. Determinasi, anti Patah-Arang

[img.3] Determinasi
Courtsey of Pixabay.com
Menjalankan sebuah Bisnis adalah jalan panjang, orang mengistilahkan dengan kalimat: “Maraton bukan Sprint!”

Maka kemampuan untuk bertahan, atau determinasi menjadi penting saat membangun sebuah Bisnis. Hal ini akan berkali-kali lipat untuk bisnis di awal-awal waktu, seperti alat elektronik yang perlu banyak daya untuk bisa ‘ngangkat’ untuk menyala.

Determinasi mungkin adalah salah satu cara menjadi orang sukses yang penting harus Anda miliki.

Janganlah berhenti mengerjakan apa yang Anda senangi, apalagi jika bermanfaat. Jika saat ini masih ada yang membatasi, tetaplah lakukan hingga batasan tadi hilang.

3. Tentukan 1 Goal yang Spesifik untuk Bertumbuh

[img.4] Tentukan Goalas
Courtesy of Pexels.com
Sulit sekali untuk berkembang jika Anda tidak menentukan satu Goal yang jelas yang bisa Anda kerjakan & ukur. Padahal sebuah Goal itu penting, baik itu dalam perkembangan bisnis, kesehatan atau kehidupan.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dalam salah satu meetingnya mengevaluasi keputusan salah satu divisinya. Ia pun bertanya: “Apakah hal tersebut bisa memberikan ‘growth’ yang signifikan? Jika tidak tinggalkan. Sebaliknya, jika iya maka lakukan.”

Noah Kagan dalam salah satu wawancara di Youtube berkata, dalam sebuah tahun situs AppSumo miliknya menentukan goal yang spesifik yaitu mendapatkan 1,000,000 email subscriber. Goal yang spesifik ini yang sering kita sepelekan, atau tidak kita lihat, karena terlihat kecil tapi dampaknya besar.

Mengkombinasikan Goal dengan cara menjadi orang sukses lainnya adalah formula cerdik untuk bisa mengembangkan potensi bidang kesukaan Anda kearah yang lebih profitable.

BACA JUGA: Kerja Keras, Impian dan 6 Jalan Menuju Sukses dari Arnold

4. Menghargai sebuah Proses

[img.5] Harga dari Proses
Courtsey of Pixabay.com
Tak ada orang berhasil yang tiba-tiba berada di posisinya kini, ada proses yang secara sadar mereka nikmati perjalanannya. Menikmati proses & menghargainya akan memberikan ide-ide lainnya yang bisa diaplikasikan dalam bidang kesukaan kita.

Tidak jarang kita punya tujuan yang besar, namun tak sanggup menjalani proses yang besar pula. Malah terkadang sebuah proses bisa jadi lebih besar daripada hasil yang didapat, disitulah letak penghargaan kita diuji.

Apa kita menghargai, atau malah justru mengeluh?

Dzat yang Maha Tinggi akan melihat sikap kita, disitu Ia akan melihat kepantasan diri kita beranjak ke tempat yang lebih tinggi atau tidak.

5. Memberi Evaluasi atas Hal yang telah dilakukan

[img.6] Pentingnya Evaluasi
Courtsey of Pixabay.com
Terakhir, cara menjadi orang sukses adalah mampu mengevaluasi diri atas hal-hal yang telah dilakukan. Jangan tolerir hal-hal yang tidak baik untuk perkembanga diri kita, bekerja keraslah untuk merubah hal tersebut.

Namun jika sudah sesuai, namun hasilnya tetap berbeda, itu artinya ada yang salah. Temukan letak kesalahan tersebut, apakah terkait dengan orang lain atau diri sendiri?

Tuliskan evaluasi tersebut dengan pola mindmap, grafik, statistik atau apapun yang terhitung dan dapat dicerna dengan visual. Berikan hasil evaluasi itu posisi yang berharga dengan tidak menaruhnya di tempat yang asal.

Sukses Hanyalah Tujuan Akhir, Tenaga Harus kita Siapkan untuk Perjalanannya

Pada akhirnya, kesuksesan itu adalah tujuan akhir yang nanti kita nikmati hasilnya. Maka sudah sepatutnya pikiran kita tidak terpaut pada angan-angan kesuksesan tersebut, karena justru yang panjang adalah perjalanannya.

Hal itulah yang harus kita pikirkan, siapkan tenaganya serta kemampuan untuk mengikuti ritme-ritme proses yang akan datang. 🙂 (Raf)

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)