7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Gratis & Tanpa SEO!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] cara-meningkatkan-traffic-blog-dan-website
Courtesy of Pixabay.com

Sebuah website atau blog yang mendatangkan banyak traffic akan sangat menguntungkan bagi pemilik blog tersebut. Pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa cara meningkatkan traffic blog tanpa SEO dan juga Gratis! Silahkan disimak.

Untuk bisa berjualan secara online, kita memerlukan sebuah ‘rumah’ yang dimana kita bisa menawarkan berbagai produk untuk calon pembeli kita. Rumah tersebut dinamakan website atau blog.

Rumah tersebut akan menampung berbagai informasi produk-produk kita, nilai-nilai atau value yang bisnis kita percaya dan tentu deskripsi siapa kita (bisnis kita) sebagai penjual produk. Wadah seperti ini diperlukan, agar berbagai promosi yang kita lakukan dapat efektif dan juga untuk mudah mendapatkan kepercayaan calon pembeli kita.

Tapi sebuah website atau blog perlu pembaca, atau istilah lainnya pengunjung, traffic atau visitor. Jika tanpa mereka, tentu percuma membuat sebua web yang berisikan berbagai keterangan produk kita.

Tidak  ada yang melihat, sudah capek-capek buat lagi.

Maka dari itu, perlu kita sebagai pemilik web atau blog untuk dapat menghadirkan pengunjung dan pembaca tadi.

Cara-cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog atau Website

Ada banyak sekali cara-cara mendatangkan pengunjung ke Blog. Cara yang paling menjadi incaran banyak blogger adalah mendatangkan traffic lewat Search Engine atau mesin pencari.

Apa itu Search Engine? Itu adalah sebuah website yang dapat memberikan hasil berupa laman website sesuai kata kunci (keyword) yang kita ketikkan. Beberapa diantaranya adalah Google.com, Yahoo.com, duckduckgo.com, bing.com dan lain sebagainya.

Meski banyak, tapi yang paling sering dan terkenal adalah Sang mesin pencari Google.

Tapi kendalanya, untuk dapat membuat mesin pencari menampilkan website kita di halaman pertama hasil pencarian itu sulit! Bahkan sangat sulit!!

Beberapa pemilik website atau blog memerlukan rata-rata setahun agar website mereka bisa ‘nangkring’ di halaman pertama pada hasil pencarian. Blog plaza-bisnis.com ini sendiri kurang lebih butuh setahun untuk bisa menguasai beberapa keyword yang bahkan low competition.

Apa! Satu tahun! :O

Tapi jangan dulu berkecil hati, tadi di awal sub-artikel ini saya bilang, “Ada banyak sekali cara-cara mendatangkan pengunjung ke Blog”, itu berarti ada banyak cara lagi untuk mendatangkan traffic ke website atau blog.

Cara-cara lain itulah yang akan dibahas selanjutnya. Cara meningkatkan traffic blog yang lain selain menggunakan SEO dan tentunya, Gratis!

Sudah siap? Inilah 7 cara meningkatkan traffic blog anda dengan Gratis!

1. Menumpang Berita Viral (Newsjacking)

Tau arti dari istilah viral?

Pasti sudah pada tau ya. 🙂

Viral adalah sebuah berita yang banyak tersebar di social-media ataupun social-messengger, baik itu sebuah berita yang penting ataupun tidak begitu penting.

Viral itu bisa berdampak baik dan buruk, karena begitu massivenya orang-orang yang dijangkau.

Jika kontennya megandung pesan baik, maka dampaknya baik. Tapi jika kontennya berisikan pesan buruk, maka akan berdampak buruk juga.

Sebagai seorang webmaster atau blogger, berita viral ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan traffic blog kita. Bagaimana caranya?

Kita cukup mengamati berita apa yang sedang ‘viral’? Lalu membahasnya dengan sudut pandang kita sendiri.

Viral itu bisa berdampak baik dan buruk, karena begitu massivenya orang-orang yang dijangkau. Click To Tweet

[img.2] Meningkatkan-Traffic-blog-dengan-berita-viral
Courtesy of www.myvideonews.com
Saya sendiri mendapatkan keuntungan dari berita viral ini. Salah satu artikel saya yang mendapatkan klik banyak adalah artikel tentang Pokemon GO.

Siapa yang tidak tau dengan fenomena Game tersebut?

Karena cakupan niche saya adalah tentang Bisnis, maka saya mengulas bagaimana penyebab Pokemon GO bisa booming dari segi persiapan bisnisnya.

[img.3] pokemon-go
Private Courtesy
Memang sih, sebenarnya saya mengiklankan artikel tersebut di Facebook. Tapi, untuk model Click to Website yang biasanya mahal, saya bisa dapatkan dengan budget Rp 40,- per klik! Itu sudah sangat murah bagi saya.

Tapi banyak juga blogger-blogger lain yang berhasil memakai cara ini tanpa mengiklankan artikelnya, contohnya blog salah satu komika pandji.com yang sekarang ini sering di share karena membahas yang lagi Hot! Pilkada.

BACA JUGA: Kelebihan Google Plus dalam Meningkatkan Hasil SERP Website Anda

2. Blog Comment

Ini adalah cara yang paling sederhana, yaitu mengomentari artikel pada blog orang lain.

Blog-blog yang bertebaran di Internet tentunya adalah blog-blog yang pengunjungnya banyak. Maka berkomentar pada salah satu artikelnya adalah cara jitu untuk mendapatkan dan meningkatkan traffic blog anda sendiri.

Tapi bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah blog memiliki traffic yang ramai? Lakukan riset keyword menggunakan Keyword Planner dari Google Adwords.

Masuk ke google.com/adwords, lalu lakukan Sign In disana menggunakan akun Gmail anda. Jika sudah, cari menu ‘Tools’ lalu pilih ‘Keyword Planner’ pada menu Dropdown.

[img.4] keyword-planner
Private Courtesy
Atau jika bagi anda sulit, cukup klik disini dengan kondisi anda masuk akun Gmailnya.

Ketik pada ‘Search for new keyword using a phrase, website or category’ kata kunci yang sekiranya banyak dicari orang di Google.

Setelah selesai, klik ‘Get Ideas’ pada bagian bawahnya.

Akan muncul banyak hasil pencarian dan jumlah pencarian per bulannya.

[img.5] search-volume
Private Courtesy

Note: Sekarang, Keyword Planner dari Google hanya menampilkan rentang pencarian. Bukan exact volume pencarian seperti dulu.

Tips: Jalankan campaign AdWords anda untuk bisa menampilkan jumlah pencarian yang exact.

Setelah memilih hasil pencarian mana sekiranya cukup ramai, copy kata kunci tersebut ke mesin pencari Google. Lihat siapa saja yang ada di halaman pertama, klik sepuluh-sepuluhnya lalu berkomentarlah disana.

[img.6] search-result-2-cara-meningkatkan-traffic-blog
Private Courtesy
[img.6] search-result-cara-meningkatkan-traffic-blog
Private Courtesy
Pada blog plaza-bisnis.com ini paling tidak satu hari ada 1-5 visitor yang datang dari Blog Comment. Lumayan bukan? 🙂

3. Kasih referensi di Thread yang ramai Forum

Anak muda Indonesia sudah lama sekali ‘berkenalan’ dengan yang namanya Forum. Salah satu forum yang terkenal adalah KasKus, serta FJB-nya.

Tapi, jika anda mau mencari lebih jauh, ada banyak sekali forum-forum yang ramai dengan berbagai niche yang ada.

Jika diluar negeri, ada forum Reddit.com yang sering dipakai blogger untuk meningkatkan traffic blognya. Tapi untuk bisa populer dan tidak di-banned, dibutuhkan konten yang berkualitas.

[img.7] Meningkatkan traffic blog lewat Reddit
Courtesy of Mozilla.net
Untuk lokal sendiri, ada beberapa forum yang bisa anda coba gunakan untuk traffic:

– forum.kompas.com
– forum.detik.com
– forum.viva.co.id
– bersosial.com
– ads.id
– dan lain sebagainya

Pertama-tama, carilah Thread yang ramai responnya, atau bisa juga dilihat indikator view jika tersedia. Ingat, pilih thread yang relevan dengan website anda agar nyambung saat diberikan link.

Cari pertanyaan yang relevan, lalu Reply pertanyaan tersebut dengan penjelasan secukupnya. Lalu berikan link ke website anda untuk melengkapi jawaban anda tersebut.

Ini yang dilakukan Matthew Woodward seorang Blogger dan Internet Marketer lewat forum-forum blogger di Inggris, dan cara ini memberikan traffic yang cukup banyak ke blog miliknya.

Ingat, pilih thread yang relevan dengan website anda agar nyambung saat diberikan link. Click To Tweet

4. Email seorang Influencer tentang Artikel terbaru Kamu

Berikutnya, cara meningkatkan traffic blog secara Gratis yang keempat adalah dengan menggunakan email. Bagaimana itu?

Cara ini populer dikalangan Blogger Internasional, seringkali disebut dengan istilah ‘Outreach’ yang artinya kurang lebih ‘menggapai keluar’. 😀

Jadi, sederhananya cara ini dilakukan dengan meng-email seorang blogger atau seleb social media yang terkenal, atau istilahnya ‘influencer’ yang berisikan artikel terbaru anda.

BACA JUGA: 9 Peranan Website dalam Bisnis Anda

Tapi, isi email tidak boleh hanya basa-basi awal lalu judul dan link artikel anda. Email haruslah dibuka dengan salam perkenalan yang ‘friendly’, mengapresiasi karya beliau, dan hal-hal yang perlu dikatakan seperti memperkenalkan diri dengan orang baru.

Jika isi email hanyalah basa-basi belaka beserta judul artikel dan link, maka anda akan dicap sebagai SPAM-mer yang mengganggu.

Alhasil bukan menjalin hubungan, malah ‘image’ anda dimata influencer tersebut jadi buruk.

Jika anda bingung, anda bisa pakai template yang saya pakai untuk ‘Outreach’ para influencer dan blogger di niche saya.

Halo [ Nama Influencer ],

Selamat Siang, semoga saat mas lihat e-mail ini mas sedang santai-santai jadi bisa rileks untuk membacanya.

Sebelumnya, ini ‘outreach’ pertama saya.. jadi mohon maaf kalau agak kaku dan mungkin saja keliatan membosankan.

Perkenalkan, saya Riant Raafi. Sudah setahun membangun Plaza-Bisnis.com, bla.. bla.. bla.. [ ceritakan siapa anda ]

Alhamdulillah terbantu banget sama newsletter dan artikel2 yang dalem di [ Blog Influencer ], paling suka dengan yang pembahasan yang ini: [ Link Artikel yang Anda Apresiasi ].

Kebetulan saya habis nulis yang se-tema dengan tulisan mas diatas, linknya ini: [ Link artikel Anda yang relevan ]

Kalau menurut mas [ influencer ] artikel saya bagus dan berisi, mohon sebarkan ke pembaca mas ya. Semoga makin banyak yang tau tips ini

Terima kasih buat waktunya mas, semoga ada kesempatan lain untuk menyapa 🙂

Regards,
Raafi Owner Plaza-Bisnis.Com

Jika sang influencer tersebut menyambut baik email dan mengapresiasi artikel anda, maka boleh jadi beliau akan memberikan link yang menuju artikel anda sebagai referensi artikelnya di masa depan, atau artikel lamanya.

Namun anda jangan terlalu memaksa, berilah pilihan influencer tersebut dengan kata-kata yang umum. Misalnya, “Kalau menurut mas [ influencer ] artikel saya bagus dan berisi, mohon sebarkan ke pembaca mas ya. Semoga makin banyak yang tau tips ini”

Dengan menyebutkan kata ‘sebarkan’, maka sang influencer yang menentukan apakah artikel anda akan dijadikan referensi artikel selanjutnya, atau cara lain.

Saya sendiri melakukan strategi ini untuk mendatangkan traffic blog secara gratis lewat influencer. Saya melakukan email dengan template diatas kepada para influencer di bidang (niche) blog plaza-bisnis.com, yaitu bisnis.

[img.8] outreach-plaza-bisnis-cara-meningkatkan-traffic-blog
Private Courtesy
Lalu begini respon Mas Yodhia

[img.9]respon-mas-yodhia
Private Courtesy
Pengalaman saya menggunakan cara ini, sang influencer memilih untuk melakukan twit melalui akun twitternya. Begini penampakan twit dari akun @Strategi_Bisnis

[img.10] Twit-strategi-bisnis-dalam-meningkatkan-traffic-blog
Private Courtesy
Bukan hal sepele, total followers beliau saat itu adalah 50 ribu lebih! Dari satu twit beliau saya mendapatkan traffic 20-30 visitor.

Selain itu, juga ada kenaikan beberapa followers pada akun twitter @plaza_bisnis.

Cobalah salah satu cara meningkatkan traffic blog ini, anda akan belajar menjalin relasi dan membangun PR bisnis anda yang akan berguna dikemudian hari.

Sang influencer-lah yang menentukan apakah artikel anda akan dijadikan referensi artikel… Click To Tweet

5. Install Plugin SumoMe dan hidupkan Discover

Cara kelima ini adalah cara yang paling baru dan sederhana yang saya ketahui.

Jadi, pada mulanya saya menginstall plugin SumoMe untuk membangun list subscriber di Blog ini. Tapi beberapa bulan setelahnya, saya lihat ada fitur terbaru disana.

Namanya ‘Discover’.

Jadi, fitur ini akan memunculkan salah satu artikel kita di beberapa situs yang juga memasang fitur ini.

Jadi semacam reciprocity atau timbal balik. Dimana dibawah artikel kita akan memunculkan situs orang lain, lalu di situs lain yang menghidupkan fitur ini, akan muncul pula artikel dari situs kita yang kita pilih.

Caranya mudah, cukup install plugin SumoMe jika anda belum pernah mengintallnya.

Untuk yang belum pernah pakai plugin ini, anda akan diminta untuk register dahulu di sumome.com. Jika sudah, tinggal Sign In saja.

[img.11] Install SumoMe cara meningkatkan traffic blog
Private Courtesy
Klik icon Mahkota Biru pada sisi atas kiri plugin SumoMe, lalu cari fitur ‘Discover’ dan klik. Disana akan ada panduan cara-cara menggunakannya, ikuti dengan klik link pada poin 1, 2 dan 3.

[img.12] Hidupkan-discover
Private Courtesy
Setting-an anda pun selesai!

6. Gabung di Group BlogWalking di Facebook atau WhatsApp

Salah satu keuntungan menjalin hubungan di komunitas, adalah kita bisa bergabung ke kelompok yang ramai dan satu interest. Disitulah tempat yang cocok untuk melakukan promosi secara elegan, ingat ya elegan.

Ada banyak group di Facebook yang disana anda bisa share link artikel terbaru, lalu dikunjungi dan dikomentari.

Bayangkan, misalnya ada 10 ribu user yang tergabung, 1% saja user yang melihat dan klik, maka ada 100 visitor dalam sati kali share link disana.

Belum lagi jika ditambah dengan Group WhatsApp blogger yang seringkali menautkan artikel terbaru. Kunjungan tentu akan bertambah bukan? 🙂

Tapi sekali lagi, lakukan promosi link dengan elegan bukan spamming. Gunakan metode 2-2-1, yaitu 2 kali kasih tips tanpa link, 2 kali bantu orang lewat komentar dan 1 promosi link artikel terbaru anda.

BACA JUGA: Waktu-waktu Tepat Mengirimkan Email Marketing

Sehingga keaktifan anda akan sangat membantu dan terlihat.

7. Email Blast Subscriber Anda

Terakhir, ada cara yang paling ampuh untuk meningkatkan traffic blog anda. Cara ini ampuh karena kita akan langsung masuk ke ‘rumah’ para pembaca, yaitu email.

Namun berbeda dengan ‘Outreach’ di pon sebelumnya, disini kita akan mengirimkan email pada orang-orang yang sudah subscribe newsletter kita.

Tapi bagaimana cara mendapatkan subscriber pertama kita? Harukah melakukan list building dulu?

Ternyata tidak.

Pada salah satu newsletter yang saya subscribe, seorang guru bisnis online pernah memberikan tips mengumpulkan email list pertama kita.

Saya agak lupa siapa, tapi rasanya mas Fikry Fatullah yang saat itu menjelaskan, bahwa list email kita bisa didapatkan dengan melihat-lihat siapa saja kita pernah berkirim email.

Wow bukan! 😀

Cukup liat pada Sent Email anda, lalu copy satu-satu ke notepad anda.

[img.13] Sent-item-list
Private Courtesy
Kumpulkan juga kartu nama yang pernah diberikan kepada anda, cata satu per-satu di notepad.

Jika sudah, masukkan list email tadi ke mailchimp.com yang Gratis untuk 2000 subscriber pertama dan 12,000 email per bulan.

Lumayan bukan?

Untuk melihat review dari saya, anda bisa baca di artikel ini.

Masuk ke mailchimp.com, lakukan Log In jika sudah memiliki akunnya, atau Sign Up jika belum memiliki akunnya.

Setelah selesai proses Sign Up, masuk ke opsi List pada menu diatas lalu klik tombol ‘Create List’ di sebelah kanan atas.

[img.10] Fitur Mailchimp
Private Courtesy
Akan muncul Pop-Up tiba-tiba, abaikan dan klik ‘Create List’ di dalamnya.

Isi detail list sesuai keingingan, dan klik Save.

[img.14] Form-list-mailchimp
Private Courtesy
Setelah selesai, akan terlihat List yang anda buat sebelumnya. Pilih menu ‘Import subscriber’ untuk memasukkan list anda.

[img.15] Import-mailchimp
Private Courtesy
Pilih metode copy-paste, lalu ‘Next’.

[img.16] Copy-paste-mailchimo
Private Courtesy
Silahkan masukkan list email yang sudah anda catat di notepad, optional silahkan isi Nama Awal, Tengah & Nama Lengkap

[img.17] Copy-paste-form-mailchimp
Private Courtesy
List pertama anda sudah jadi! 😀

List email Pertama kita, bisa didapatkan dengan melihat-lihat siapa saja kita pernah berkirim… Click To Tweet

BACA JUGA: Bisnis Online Gratis Tanpa Modal: Mulai dari Dropship, CPA Marketing hingga Affiliate

Banyak Pilihan Cara Meningkatkan Traffic Blog Anda. Ada Lambat, ada Cara Cepat!

Sebenarnya, 7 poin diatas hanyalah sekelumit dari ratusan atau bahkan ribuan cara meningkatkan traffic blog anda. Beberapa diantara mereka ada yang berdampak lama (long-term) ada yang hanya sebentar (short-term).

Beberapa diantara mereka juga ada yang lambat, dan ada yang cepat.

7 poin diatas, saya kategorikan sebagai semi-cepat atau diantara lambat dan cepat.

“Lalu bagaimana cara cepatnya mas?”

Tentu ada harga yang harus dibayar untuk melakukan yang ‘cepat-cepat’. 😀

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah dengan menggunakan SociaBuzz, sebuah platform yang mengkoneksikan antara user dan para influencer sesuai niche masing-masing,

Mereka-mereka yang tergabung sudah mencapai 9574+ influencer atau endorser disini.

Jika rentang follower twitter para influencer antara 5,000-100,000, maka silahkan hitung sendiri total follower yang bisa melihat link website anda.

[img.18] Sociabuzz-influencer-platform-cara-meningkatkan-traffic-blog
Private Courtesy
Disana anda dapat mendaftar sebagai Advertiser untuk menggunakan layanan SociaBuzz, atau Influencer jika anda seorang influencer. (hehe… 😀 )

Perlu diingat, bahwa tidak ada biaya untuk bergabung!

Anda cukup membuat akun disini sebagai Advertiser, lalu login juga sebagai Advertiser.

Pada halaman pertama anda akan ditawarkan beberapa opsi seperti ini.

[img.19] Opsi-socia-buzz
Private Courtesy

Beberapa Fitur SociaBuzz

‘Create Brief’ berguna bagi anda untuk menjelaskan campaign seperti apa yang anda butuhkan. ‘Auto-Tweet’ adalah opsi untuk langsung menjalankan campaign secara otomatis, cukup masukkan data iklan, pilih influencer dan jalankan iklan/ campaign.

Sedangkan ‘Cari Influencer’, anda perlu memilah-milah sendir influencer mana yang cocok dengan campaign anda. Lakukan ‘Bid’, dan tunggu notifikasi selanjutnya.

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda, explore dan dalami fitur-fitur yang ada di SociaBuzz.com

Untuk detail lebih lanjut, silahkan klik disini.

Traffic Blog Meningkat, Pendapatan Juga Meningkat

Jika anda sekarang berfokus untuk menghasilkan uang lewat Blog, traffic adalah hal yang esensial bagi anda. Dengan membaca 7 poin cara meningkatkan traffic blog secara gratis diatas, anda sudah bisa praktek dan membuktikan hasilnya sendiri.

Maka memperjuangkan untuk menigkatkan traffic blog, bisa dibilang adalah juga perjuangan dalam mengisi kantong-kantong pemasukan dan juga perut anda. 🙂 (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

16 Comments

  1. Wah, menarik sekali artikelnya tentang bagaimana mendapatkan banyak pengunjung untuk blog kita. Menggunakan teknik khusus untuk mendatangkan banyak pengunjung memang sangat penting. Saya suka menggunakan cara dengan memanfaatkan berita viral. Jika ada berita-berita hot, saya menulis artikelnya atau memberikan komentarnya. Tentu saja, banyak pembaca yang nimbrung. Tentu saja, ini belum otomatis bisa menjadi target pelanggan kita. Baru tahap memposisikan blog kita. Waktu yang akan menentukan suksesnya. Terima kasih.

    • Berita viral memang paling powerfull untuk promosi di social media, tapi sayangnya banyak yang menggunakannya dengan cara tak etis. Misalnya berita hoax atau berita yang dibuat-buat.

    • Yes! Selain menaikkan traffic, itu juga jalan silaturahim dengan empunya blog. Coba lain kali ke blog yang trafficnya tinggi, pasti lebih berefek. 🙂

  2. Wah ini perlu dicatet dan dilaksanakan. Hehe.

    Kalau yang subscribe itu daripada menggunakan mailchimp yang terbatas dan berbayar.

    Kumpulin di feedburner atau fitur subscribe dari jetpack/wordpress aja.

    Setelah list sudah banyak baru dipindahkan ke yang berbayar.

    Atau import ke yang berbayar bukan tujuan kirim artikel terbaru tapi sekedar jualan produk.

    Pengalaman saya limit mailchimp setelah punya banyak list jadi sangat terbatas kirim artikelnya.

    Jika 1 hari update blog dan dikirim ke seluruhnya. Paling hanya dapat 4-6 artikel aja yang terkirim.

    • Ya, kalau untuk pemula mailchimp itu sudah sangat berguna min. Tapi kalau subscriber udah diatas 5rban atau bahkan puluh ribuan.. apa salahnya membayar biaya bulanan, toh dari banyak subscriber itu pasti admin sudah dapat menjual produk apapun bentuknya itu 🙂

    • Untuk adword, sepertinya bisa. Karena itu kan sekali bayar lalu jalan iklannya. Tapi coba dicek sesekali, kalau iklannya gak running lagi.. berarti harus masukkan kembali kode kartu VCN BNI seperti semula.

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)