Cara Menggunakan PayPal: Verifikasi, Terima & Cairkan Dana dengan Bank Lokal

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ๐Ÿ”— & Master Facebook Ads ๐Ÿ”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Halaman Sign Up PayPal
Private Courtesy

Kurang lebih beberapa bulan lalu, saya menerima transfer berupa mata uang dollar dari advertiser yang ingin placement di salah satu konten artikel saya. Awalnya memang orang tersebut meng-email dengan bahasa Indonesia, namun karna terlalu kaku bahasanya, saya jadi curiga bahwa dia adalah orang diluar Indonesia dan akibatnya saya harus paham cara menggunakan paypal juga.

Ternyata benarlah, saat ingin mentransfer biaya iklan, orang tersebut meminta akun paypal. Dalam hati; “Wah, dollar nih! Tapi pakai apa a nerimanya?”

Saat itu terpikir Western Union, namun rasanya ya kok ribet harus bolak-balik ke kantor Pos ya? Maka saat itu terpikirlah PayPal. Tapi saya sudah lama tidak menggunakan akun PayPal saya, terakhir hanya untuk bayar Facebook Ads yang akhirnya ter-banned.

Akun ini memang akun baru setelah yang kena banned sebelumnya. Setelah utak-atik, ternyata saya berhasil mengkoneksikan akun PayPal saya dengan Bank BNI Syariah yang saya miliki.

Akhirnya, dollar hasil transferan tadi saya terima dan berhasil dicairkan lewat Bank BNI Syariah saya.

Cara Menggunakan Paypal: Mendaftar di Paypal Indonesia

Cara menggunakan paypal untuk transfer dana harus diawali dengan mendaftar terlebih dahulu.

Seperti biasanya, Anda cukup menuju ke website Paypal Indonesia disini. Lalu temukan tombol “Get Started for Free” atau “Sign Up” di sisi kanan atas.

[img.1] Halaman Sign Up PayPal
Private Courtesy
Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi pilihan, sebagai pembeli atau penerima uang (penjual) atau merchant?

Karena judul artikel ini adalah cara bagaimana menerima uang lewat PayPal, maka Anda wajib memilih yang sebelah kanan.

[img.2] Terima Uang
Private Courtesy
Setelah itu, anda akan diminta untuk mengisikan e-mail sebagai data pendaftaran. Masukkan e-mail yang aktif Anda gunakan, karena Anda tak ingin bukan tidak mendapatkan notifikasi saat mendapatkan transfer?

[img.3] Isi Alamat Email
Private Courtesy
Disini Anda masuk ke step yang biasa ditemukan saat membuat akun baru dimanapun. Selesaikan step sampai selesai hingga konfirmasi e-mail, gunakan “Help” apabila ada yang belum dipahami.

[img.4] Isi Semua data & Ikuti Stepnya
Private Courtesy

BACA JUGA:ย Tips & Strategi Optimasi Pemasaran buat Instagram Bisnis

Mengkoneksi Bank Lokal dengan akun PayPal Anda

Memang sulit sekali jika ada transfer dari luar negeri, sedangkan kita hanya memiliki akun Bank lokal. Maka penting untuk paham cara menggunakan paypal lewat sinkronisasi akun PayPal (akun e-money yang kebanyak seluruh Dunia punya) dengan akun Bank lokal kita.

1. Masuk ke Bagian Setting

Pertama-tama, klik gambar ‘gear’ di sebelah kanan atas untuk membuka menu ‘Setting’ disana. Pilihlah opsi ‘Profile and Setting’ dengan klik di tulisan tersebut

[img.5] Setting
Private Courtesy

2. Pilih bagian Financial Information

Setelah masuk ke halaman selanjutnya, lihat bagian ‘Financial Information’ dan klik untuk mengatur informasi keuangan Anda. Lalu lihat bagian ‘Bank Accounts’ dan lakukan Update di sebelah kanannya.

[img.6] Singkronisasi dengan Bank Lokal
Private Courtesy

3. Tambahkan akun Bank Lokal Anda

Di halaman berikutnya, tambahkan atau ‘Add’ akun Bank lokal Anda. Gambar di bawah saya tutup karena saya sudah mengkoneksikan PayPal saya dengan akun Bank lokal saya, akun tersebut juga bisa dihapus atau ‘Remove’.

[img.7] Tambahkan Akun
Private Courtesy

BACA JUGA:ย 9 Aplikasi Jual Beli Online ini bisa Anda gunakan untuk Mencari Produk Murah namun Berkualitas Tinggi

4. Isi data Bank Lokal Anda

Setelah itu, Anda akan diberikan formulir untuk mengisi data Bank lokal sebenar-benarnya. Gunakan kurs Rupiah agar Anda mendapatkan perhitungan Rupiah dari hasil pencairan dana nantinya.

Pastikan data-data yang Anda masukkan sesuai dengan data di Bank Anda, jika tidak akan ada denda sebesar Rp 50,000,- sesuai peraturan disana.

Jika sudah dipastikan sesuai, klik ‘Continue’ di bawahnya.

[img.8] Isi data Bank & Sesuaikan
Private Courtesy

Cara Mengambil Uang di Paypal dengan Bank Lokal

Setelah mendapatkan dana, tugas Anda selanjutnya adalah mencairkan dana tersebut. Berikut adalah cara menggunakan paypal selanjutnya untuk pencairan dana, ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

1. Masuk ke Opsi ‘Withdraw Funds’

Pada Dashboard, Anda akan melihat opsi ‘withdraw funds’ di bawah saldo PayPal Anda. Saldo tersebut akan terlihat setelah klien mentransfer kepada Anda sejumlah uang (dollar)

[img.9] Cairkan dana
Private Courtesy

2. Masukkan Sumber Dana & Tujuan

Setelah itu, Anda akan dialihkan ke opsi pemilihan dana & tujuan. Klik pada panah yang saya tunjuk merah, akan ada pilihan dana yang tersedia serta tujuannya.

[img.10] Pilih sumber Dana & Tujuan
Private Courtesy

3. Pilih Jumlah yang Ingin dicairkan

Setelah memilih sumber dana & tujuan, maka Anda memiliki opsi untuk mencairkan semuanya atau sebagian saja. Cukup masukkan nilai yang diinginkan, lalu klik tombol ‘Continue’ di bawah.

[img.11] Jumlah yang ingin dicairkan
Private Courtesy

Ikuti Step Selanjutnya

Saya tidak bisa melanjutkan step berikutnya, karena nanti saldo PayPal saya akan cair beneran. ๐Ÿ˜€

Tapi setidaknya sampai sini saya yakin Anda tahu cara menggunakan paypal dengan baik, dan bisa melanjutkan prosesnya karena sederhana. Semoga sukses ya mengaplikasikannya! ๐Ÿ˜‰ (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ๐Ÿ™‚

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)