5 Cara Memulai Usaha dari Bawah

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
cara memulai usaha

Mempunyai usaha merupakan keinginan banyak orang. Sangat menyenangkan membesarkan usaha milik sendiri, bahkan dari seluruh entrepreneurs sukses dunia, banyak dari mereka yang memulainya dari bawah. Lalu pertanyaannya bagaimana cara memulainya?

Sebenarnya cara memulai usaha sangatlah simple, yaitu dengan memiliki mimpi.

Dengan impian kita dapat menciptakan ide usaha yang luar biasa, hingga ide tersebut dapat dieksekusi dengan baik dan menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Membangun Impian Bisnis dengan prinsip SMART

Lebih jelasnya, berikut akan di-breakdown step—by—step untuk memulai usaha Anda.

1. Tentukan Ide Usaha

Usaha yang Anda buka sebaiknya sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, atau lebih dikenal dengan yang anda “passion”, tanpa meninggalkan faktor peluang yang ada di masyarakat. Dengan mengelola usaha yang kita juga senangi maka kita tidak akan mudah jenuh sehingga konsisten dalam membangun usaha kita, selain itu bisa juga membuat usaha yang belum pernah ada dipasaran, pasar lebih senang dengan sesuatu yang baru, maka setiap pemilik usaha harus terus berinovasi.

2. Ciptakan Visi dan Misi Usaha

Visi—Misi bagi sebuah organisasi atau institusi ialah sebuah nyawa, tujuan dan poin pekerjaan yang bisa dijadikan arah struktural bagi siapapun yang terlibat dalam bisnis tersebut. Dengan adanya visi dan misi perjalanan perusahaan akan jelas menuju kemana.

3. Bertindaklah

Ide usaha sebaik apapun tidak akan pernah bisa berhasil jika tidak direalisasikan, maka bertindaklah sekarang! Mulailah dengan langkah kecil, lalu barengi dengan ketekunan mengembangkannya, proses berbisnis ialah jalan panjang yang tak singkat dan kadang curam.

ADVERTISEMENT

4. Belajar dan Lakukan Pengamatan

Persaingan bisnis dimaklumi pasti ada, namun bukan berarti kita enggan mengambil hikmah atau pelajaran dari bisnis lain, sama ataupun berbeda type. Mengamati pengusaha yang telah sukses bisa jadi jalan singkat kita mencapai kesuksesan, karena kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang mereka pernah lakukan. Lalu belajarlah terus menerus, gali informasi tentag usaha Anda dan bagaimana mengembangkannya, dari sana akan lahir inovasi dari usaha Anda.

5. Hambatan dan Kegagalan? Hadapi!

Membangun usaha seperti dikatakan tadi bukanlah jalan pendek yang landai, namun panjang dan curam. Maka sudah sepatutnya segala hambatan yang kita temukan harus kita hadapi dengan maksimal, berpikiran positif dan pantang menyerah. Kegagalan juga bisa jadi hal yang harus dihadapi sebelum menemukan kesuksesan berikutnya.

Baca juga: Memulai Bisnis? Pelajari Hal ini Dulu

Berapa bisnis gagal yang harus dihadapi mas Jaya Setiabudi founder YEA (Youth Entrepreneurs Academy)? Banyak! Namun segala kegagalan tadi ia sikapi dengan dewasa dan dijadikan pembelajaran.

Oleh karena itu, hadapi kegagalan dan hambatan dengan enjoy, menikmati perjalanan, lambat laun kedewasaan berbisnis akan Anda temukan dalam setiap experience yang Anda alami. (Raf)

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:
Loading...

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)