Cara Memulai Bisnis Online yang Komperhensif untuk Newbie Sekalipun6 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing šŸ”— & Master Facebook Ads šŸ”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Cara Memulai Bisnis Online
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Memulai bisnis sama dengan kehidupan lainnya. Sebelum melakukan hal apapun, perlu persiapan agar planning kita dapat berjalan dengan lancar dan sempurna. Begitu juga dengan berbisnis, perlu kita ketahui beberapa hal tentang cara memulai bisnis online, baik itu tentang ide bisnis, perencanaan, hingga pengelolaan.

Memulai Bisnis, Apa yang Paling Penting?

[img.2] Apa yang Harus Disiapkan ketika Memulai
Courtesy of Pixabay.com
Yang paling penting adalah jenis bisnis apa yang akan kita geluti, sebagai pebisnis pemula kadang memang kita bingung bagaimana memulainya. Selain jenis bisnis, perlu kita memahami karakteristik usaha yang akan dijalani. Jangan pernah beranggapan untuk memulai “perang” sebelum memiliki “senjata”-nya, begitulah salah satu cara memulai bisnisĀ online.

Beberapa hal dibawah ini bisa anda jadikan “senjata” yang ampuh saat memulai bisnis Anda nantinya. Berikut ialah langkah-langkah yang patut diketahui.

1. Miliki Pengetahuan yang Cukup

Memulai apapun harus dimulai dari pengetahuan yang cukup, bagaimana mungkin Anda bisa memulai bisnis Anda sebelum mengetahui tentangnya?

2. Pelajari Proses Produksinya

Anda yang berencana memulai bisnis dengan produksi, maka pembelajaran proses produksi sangatlah penting. Dari sana Anda bisa meningkatkan pengetahuan tentang efisiensi, peningkatan kualitas barang, dan lain-lain.

3. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, maka lakukan pencarian informasi sebanyak-banyaknya. Dari siapa supplier Anda, dimana mendapatkan Alat produksi, dan lain-lain.

4. Siapa Saja Konsumennya

Cari tahu tentang informasi mengenai calon konsumen Anda, bagaimana karakter yang a.k.a Anda bidik dan bagaimana menyampaikan informasi tentang produk Anda.

5. Pelajari Besaran Peluang Bisnisnya

Buat perhitungan sederhana tentang bisnis Anda hingga mendetail untuk memperhitungkan peluangnya. Dengan begitu Anda bisa cermat dalam memperhitungkan permodalan, regulasi keuangan dan omzet yang mungkin Anda capai.

5 hal di atas hanyalah langkah awal dalam cara memulai bisnis online,Ā Anda perlu memahami bagaimana cara-cara berpomosi agar bisnisĀ onlineĀ Anda bisa berhasil menjaringĀ customerĀ yang nantinya menjadi loyal kepada produk Anda.

BACA JUGA:Ā 5 Aturan Optimasi Social-Media untuk Usaha Kecil Rumahan

Salah Satu Cara Mempromosikan BisnisĀ OnlineĀ Anda:Ā Social-Media

[img.3] Social-Media untuk Bisnis Online
Courtesy of Pixabay.com
Media sosial menjadi andalan terbaik untuk promosi bisnis Anda secara GRATIS. Ya, membuat sosmed tentu tak mengeluarkan biaya, namun siapa sangka market besar didalamnya bisa memberikan keuntungan terhadap bisnismu.

Dalam 5 tahun terakhir ini ada beberapa social media yang dikenal diberbagai kalangan, terutama di Indonesia dan ini salah satu cara memulai bisnis onlineĀ yang terbaik.

Beberapa diantaranya adalah Facebook, twitter, G+, pinterest, instagram, path dan LinkedIn yang didalamnya para pengguna menyebarkan informasi mulai dari berita, hobi, pekerjaan hingga hiburan.

Cara Memulai BisnisĀ Online diĀ Social-Media

Begitu besarnya kekuatan jaringan social media membuat para pelaku bisnis menjadikannya sarana untuk memasarkan produk yang mereka punya. Dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar yang padahal bisa beriklan di situs-situs besar juga menggunakan social-media yang notabennya, gratis.

Untuk memaksimalkan kemampuan social media dalam bisnis, ada 4 cara promosi di media sosialĀ yang bisa diterapkan dalam mempromosikan produk Anda.

1. Hindari konten yang Monoton

Hal ini berlaku untuk semua social media yang Anda pakai untuk berbisnis, karena calon customer tentu akan bosan dengan ads copy yang sama. Terlebih dengan monotonnya konten juga akan membuat fans Anda jenuh, berikan konten yang fresh, bahkan lebih baik lagi yaitu up-to-date dengan berita terkini.

Banyak pula yang karena ingin cepat maka pemasar menggunakan bot untuk comment distatus orang atau fanpages orang lain, dimana hal itu disebut sebagai spam. Jika Anda ingin melakukan promosi di group, gunakan kata-kata yang memancing keingintahuan orang lain terhadap produk Anda. Terakhir, tidak perlu terpaku pada produk Anda, lakukan beberapa postingan yang berisikan tips yang juga relevan dengan produk Anda.

2. Gunakan Media Gambar

Konten dalam media sosial tidak hanya dalam bentuk teks saja. Bahkan beberapa social media hanya bisa memposting konten berupa gambar, namun disertai dengan keterangan teks yang cukup bisa memuat banyak.

Loading...

Mengapa media gambar penting? Karena manusia ialah mahluk visual, maka konten bergambar akan memancing emosi yang lebih besar dibanding hanya berupa teks saja, lagipula konten berupa teks yang terlalu sering hanya akan membuat jenuh fans Anda.

Sisi teknisnya, siapkan gambar yang bisa lengkap terlihat di newsfeed masing-masing social media. Posting gambar yang ukuran size-nya sedang, agar jika ada orang yang membuka gambar bisa terloading dengan cepat. Selain gambar Anda juga bisa memaksimalkan konten berupa video.

3. Gunakan Tagar (Hashtag #)

Penggunaan tagar (hastag) awalnya dikenal lewat twitter, namun dengan melihat trend penggunaan tagar dan gimmick-gimmick yang masyarakat lakukan dengan tagar, social media lain memberlakukannya juga di platform masing-masing. Fungsinya sama, yaitu untuk mencari konten atau produk yang se-type di social media tersebut. Hal ini memudahkan fans atau customer untuk menemukan hal yang ingin mereka temukan.

4. Aktif & Responsif

Setiap konten yang kita posting di social media pasti mendapatkan respon dari fans, sebagai admin lakukan respon yang baik terhadapnya. Berikan reward bagi mereka dengan komentar yang mengapresiasi hingga memuji, dengan begitu mereka akan loyal terhadap konten-konten yang Anda berikan dengan memberi like, share ataupun comment.

Selain itu, respon cepat dibutuhkan juga untuk mengetahui problema yang dihadapi pelanggan terhadap produk kita. Misalnya seseorang menghubungi kita lewat twitter untuk menanyakan kapan waktu buka toko kita? Atau apakah ada diskon dan promo? Bagaimana mengikuti kontes? dll.

BACA JUGA:Ā Semua yang Perlu Anda Ketahui dalam Memulai Bisnis Online Shop

Anda Pemula yang Ingin Memulai Bisnis Online? Ini Tipsnya!

[img.4] Pemula & Newbie
Courtesy of Pixabay.com
Beberapa cara memulai bisnis online bisa Anda aplikasikan denganĀ pengetahuan yang memadai, hal ini harus Anda miliki agar Anda tak kesulitan dalam merealisasikan ide yang Anda miliki. Berikut tips dari pakar digital marketing Doni Irawan.

Disarankan untuk pebisnis online pemula, anda dapat menggunakan beberapa situs dagang online sebagai sarana promosi dan memajang produk.

Contohnya, Olx atau Belanja Bekas. Pebisnis online pemula juga dapat menggunakan blog, forum jual beli semacam Kaskus, serta media sosial, seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter.

Setelah menentukan media yang akan digunakan, pebisnis online pemula perlu mempersiapkan produk yang akan dijual.

Produk bisa berupa barang ataupun jasa. Produk yang dijual boleh merupakan hasil produksi sendiri, membeli dari toko grosir (agen), atau membantu menjualkan suatu produk (reseller). Selanjutnya, siapkan foto produk. Potretlah produk dari sisi yang mudah dimengerti oleh konsumen, menarik, dan bernilai jual tinggi. Misalnya, produk baju bisa dipotret dengan bantuan model yang berparas menarik.

Terjun ke bisnis online, setiap pemula perlu menguasai produk.

Tampilkan produk dalam kemasan terbaik dengan keterangan yang lengkap di toko online. Jenis produk, harga eceran dan harga grosir, spesifikasi atau keterangan tentang produk, cara pembayaran dan nomor rekening bank penjual, serta nomor kontak mesti tertera.

Perlakukan konsumen dengan sepatutnya.

Seperti juga di toko konvensional, konsumen ingin dilayani dengan sopan dan dihargai saat menyatakan minatnya. Ketika uang telah diterima maka segeralah kirimkanĀ barang. Kemasan yang rapi, pengiriman tepat, dan waktu yang relatif cepat akan membuat konsumen terkesan dan percaya untuk melakukan pembelian berikutnya. Konsumen yang puas niscaya tak akan segan mempromosikan toko online ke teman dan kerabatnya yang lain.

Seseorang yang hendak menekuni bisnis online, hendaknya memahami seluk-beluk bisnis online terlebih dahulu. Ketika calon pebisnis online telah memahami bagaimana operasional komputer, internet, dan cara berbisnis online maka kesuksesan akan lebih mudah untuk diraih.

Buatlah tampilan produk yang menarik, berkesan, dan informatif.

Seperti halnya berjualan di toko, pebisnis online juga mesti menampilkan produk dengan kemasan dan keterangan yang cantik di katalog. Dengan begitu, konsumen akan tergoda untuk memiliki produk yang ditawarkan. Lengkapi foto produk dengan informasi yang detail agar konsumen bisa mempelajari produk dan tertarik untuk membelinya.

Gunakanlah rekening bank yang umum.

Konsumen tak akan berpikir panjang untuk melakukan transaksi jika rekening penjual ada di bank besar. Kemudahan bertransaksi antarbank harus diperhitungkan ketika akan membuka rekening tabungan untuk menerima dana transfer dari konsumen.

Kesimpulan

Memulai sesuatu tentulah memerlukan proses yang tidak bisa dicapai dalam waktu semalam. Anda perlu konsisten melakukan yang diperlukan untuk membangun hal tersebut, termasuk bisnisĀ online.

Mungkin jika disimpulkan, kataĀ KONSISTENĀ adalah rumus paling pas dalam cara memulai bisnisĀ onlineĀ yang bisa diterapkan oleh siapapun orangnya. ^_^

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.