Tips Jitu Cara Membuat Brosur yang Murah dan Terlihat Professional

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Cara-Membuat Brosur-Online
Courtesy of Pixabay.com

Sebuah campaign Produk bisnis bertujuan untuk menarik minat orang banyak, baik itu pembeli baru ataupun pembeli lama kita. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang penjual, mulai dari memilah-milah channel marketing, menggunakan teknik funelling, memilih judul yang tepat, hingga yang paling sederhana adalah dengan membuat brosur promosi dengan design yang Professional.

Mengapa Harus Terlihat Se-Professional Mungkin?

Ketika seorang pembeli berselancar di dunia maya, terlebih social-media, maka mata mereka akan bergerak kesana-kemari melihat apakah itu Timeline, Newsfeed, Explore, dan sejenisnya yang ada di depan mata mereka.

Dalam satu kali pandangan, seorang user mendapatkan ribuan bahkan jutaan informasi dalam sekejap mata. Maka bisa dibilang, satu informasi hanya dapat dicerna seorang user dalam waktu sepersekian detik saja.

Sebuah postingan Page Facebook bernama Inspire Love & Health mengatakan bahwa lama rata-rata kini manusia memperhatikan sebuah informasi makin berkurang sejak tahun 2000.

Jika dahulu, seseorang bisa memperhatikan sesuatu hingga 12 detik, kini manusia hanya bisa memperhatikan sebuah  informasi selama 8 detik saja lalu beralih atau teralihkan dengan informasi lain.

Bahkan masih lama atensi seekor Ikan Mas, yaitu 9 detik!

Disinilah peran Visual penting disini, terutama saat anda melakukan sebuah campaign promosi Produk bisnis anda. Bentuk design sebuah promosi yang diatur dengan apik akan menarik minat pembeli, disinilah pentingnya sebuah design terlihat ‘Professional’.

Untuk membantu Anda yang ingin menghasilkan design brosur atau banner dengan mudah namun tetap Professional, saya akan jabarkan alat-alat atau website yang memudahkan Anda membuatnya.

Cara Membuat Brosur dengan Software

Ada banyak software dari tingkat advance hingga beginner untuk ‘melahirkan’ sebuah design yang memikat. Untuk kali ini, saya akan hilangkan yang advance seperti; CorelDraw, Photoshop, 3D Max, dan sejenisnya karena untuk menggunakan itu Anda perlu keahlian tersendiri.

1. PhotoScape Photo Editor

Salah satu software yang mudah digunakan, adalah PhotoScape. Software ini hebatnya Gratis disediakan oleh pembuatnya.

PhotoScape bisa memberikan efek ‘Frame’ pada foto anda berupa Pigura, efek Foto Lawas, Hitam-Putih, Variasi Renda, dan variasi lainnya.

cara membuat brosur
Courtesy of Photoscape.org

Selain itu, software ini bisa digunakan untuk resize ukuran foto produk anda, memberikan text & item, Auto-contrast, Balon percakapan dan lain sebagainya.

Selengkapnya silahkan Anda baca keterangannya di laman utama Photoscape.org

BACA JUGA: Desain Web Tingkatkan Omzet Anda di Bisnis Online

2. GIMP – GNU Image Manipulation Program

Satu lagi software Gratis yang bisa Anda gunakan, adalah GIMP dari The GIMP Team yang merupakan Free & Open Source Image Editor. Artinya Anda bisa menggunakan ini secara gratis dan GIMP juga bisa digunakan untuk men-develop software lainnya.

GIMP bisa memberikan efek visual yang jernih serta bagus, mulai dari memainkan intensitas cahaya, membuat grafis artwork dari Nol, hingga menambahkan icon-icon yang sudah ada di dalamnya.

[img.3] GIMP-cara-membuat-brosur
Courtesy of Softonic.com
Software ini bisa Anda gunakan dengan mudah untuk edit-edit yang sederhana. Meskipun ada juga fitur-fitur yang disediakan untuk para pengguna advance.

Anda bisa akses serta download GIMP di halaman utamanya, GIMP.org

Tidak Rumit, Ada Juga Cara Membuat Brosur secara Online

Jika sebelumnya saya menjabarkan opsi membuat brosur promosi dengan menggunakan software, selanjutnya saya akan jabarkan beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk mem-buat brosur online. Situs-situs ini Gratis dan bisa digunakan sepuasnya alias unlimited.

Berikan adalah cara membuat brosur secara online.

1. Buat Brosur Online dengan Canva.com

Situs ini boleh jadi adalah situs yang paling sering digunakan membuat banner promosi secara online. Karena disana terdapat banyak pilihan template yang memudahkan Anda untuk mem-produce hasil design bak Professional.

Cara membuat brosur online dengan menggunakan Canva, sering dilakukan oleh pelaku E-Commerce atau Pemilik Toko Online.

Di Canva.com terdapat banyak pilihan ukuran (dimensi) yang disesuaikan dengan social-media tempat gambar tersebut akan di posting. Mulai dari ukuran dimensi Facebook Post, Facebook Header, Twitter Post, Twitter Header, Instagram Post, Google Plus Post & Header, dan Anda bisa juga menentukan dimensi tersendiri.

Meskipun diawal saya bilang Canva.com itu Gratis, namun ada juga beberapa gambar & template Premium yang hanya bisa Anda dapatkan dengan cara membayarnya.

Tapi, dengan template yang basic saja menurut saya Anda sudah bisa memaksimalkannya dengan baik. Anda bisa mengakses Canva di halaman depannya ini.

[img.4] canva-designs-buat-brosur online
Courtesy of Vinaora.com

BACA JUGA: 100+ Inspirasi & Contoh Logo Perusahaan dan Brand paling Kreatif!

2. Pablo by Buffer

Satu lagi situs yang sebenarnya sering saya gunakan untuk menghasilkan foto-foto quotes pada instagram Plaza Bisnis, adalah Pablo by Buffer.

Mengapa saya lebih sering menggunakan ini daripada Canva? Karena ke-simple-an situs ini dalam menampilkan Grafis yang High Quality ditambah dengan koleksi font yang keren-keren.

Salah satu hasil penggunaan Pablo by Buffer di instagram @plaza.bisnis bisa Anda lihat dibawah ini.

Pablo memudahkan Anda dalam mem-buat brosur online lewat koleksi Stock Photos yang unlimited, serta pilihan font mereka. Anda cukup mencari foto-foto yang merepresentasikan produk anda, lalu tambahkan tulisan mulai dari Header, Body & Footer.

Tulisan tadi bisa Anda miringkan, bold, resize, alignment dan macam lainnya. Meskipun ini bukan cara membuat brosur online yang tepat saya tetap merekomendasikannya, walau sebenarnya menurut saya lebih cocok untuk membuat quotes, namun bisa Anda coba dalam membuat brosur.

Mau Lebih Pro dan Puas? Pakai Jasa Design Disini

Namun, jika hasil design Anda dirasa tidak memuaskan dan representatif, Anda bisa menggunakan situs jasa-jasa design yang professional baik lokal maupun Internasional.

Ada bermacam situs yang bisa Anda akses, beberapa diantaranya adalah: Fiverr, Freelancer dan Sribulancer. Disana anda bisa memesan sebuah banner promosi untuk campaign, lalu membayar sejumlah uang yang Anda dan penyedia jasa sepakati.

Disana anda pun dapat menambah beberapa item seperti percepatan design, tambahan revisi dan lain sebagainya.

Sekian sharing alat-alat men-design dari saya, beberapa alat diatas pernah saya pakai dan ada yang masih saya pakai sampai sekarang. Silahkan gunakan sesuai kenyamanan Anda, janga lupa selalu berikan ‘passion’ dan ‘heart’ di dalam tiap design brosur Anda. (Raf)

Penawaran PIXELBOLT tinggal BESOK! Dapatkan plugin WordPress yang memudahkan Anda untuk membuat Design berupa banner, Video Explainer serta Grafis lainnya.

Dapatkan Pixelbolt disini langsung disini, atau ‘intip’ BONUS senilai 5 Juta Rupiah yang saya sediakan disini.

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)