Tips Bagaimana Cara Melihat Traffic Website Kompetitor Anda untuk Riset3 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Cek Pengunjung Website
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Apakah Anda sudah mulai berbisnis online? Jika iya, saya ucapkan selamat! Karena Anda termasuk sekelumit orang yang menyadari potensi mencari penghidupan lewat media internet.

Terlebih lagi jika Anda sekarang ini sedang mengembangkan website sendiri, itu artinya Anda ingin mandiri berbisnis online tanpa bergantung pada platform orang lain seperti marketplace & socialmedia.

Meskipun, Anda pun perlu membuat ‘lapak-lapak’ disana untuk menjangkau calon pembeli Anda.

Langkah Mengembangkan Website, yaitu dengan ‘Mengintip’ Statistik Kompetitor

Perlu disadari, bahwa sebelum Anda melakukan sesuatu… pasti sudah ada orang-orang terdahulu yang sukses melakukannya. Disinilah perlunya mengikuti jejak-jejak kesuksesan mereka.

Untuk website, Anda bisa melakukan aktivitas ‘mengintip’ statistik website orang lain. Ingin tahu cara melihat traffic website kompetitor Anda termasuk website Plaza Bisnis ini jika Anda mau.. 😛

Beberapa Cara Melihat Traffic Website Kompetitor dengan Tools Gratis di Internet

Di internet ini ada beberapa tools gratis yang bisa Anda pakai untuk melihat statistik website orang lain, atau boleh saya sebut sebagai kompetitor.

Saya sendiri menggunakan 2 cara melihat traffic website dengan tools gratis untuk aktivitas optimasi website saya. Berikut adalah beberapa daftarnya.

1. SimilarWeb untuk Melihat Traffic Website, Keyword Target & Referral Kompetitor

Salah satu tools ini cara melihat traffic website yang sangat powerfull untuk Anda yang sedang mengembangkan website. Kabar baik lagi, tools ini bisa Anda pakai dengan Gratis tanpa perlu mendaftar apapun!

Meski begitu, Anda bisa berlangganan versi Premium-nya tentunya dengan fitur-fitur yang lebih canggih dan lengkap dibanding Gratis.

Caranya adalah Anda cukup masuk ke link www.similarweb.com, lalu masukkan domain website kompetitor Anda di kolom paling atas dan tekan logo kaca pembesar di sampingnya.

Secara cepat SimilarWeb akan memberikan data-data statistik untuk cek pengunjung website yang Anda tuju dengan ragam variasi data. Di bawah ini berikut saya berikan screenshot data statistik dari website Plaza Bisnis.

[img.2] Statistik Plaza Bisnis SimilarWeb
Private Courtesy
Anda bisa menggunakan data-data ini untuk meniru apa yang telah kompetitor Anda lakukan, baik strategi backlink, keyword target, dan lain-lain.

Loading...

2. WorthofWeb untuk Melihat Nilai dari Website Kompetitor Anda

Selain statistik berupa traffic dan performa website lainnya, tentu Anda perlu juga mengetahui berapa besar suatu website menghasilkan uang atau revenue di dalamnya.

Data ini tentu bukan untuk menyombong-nyombongkan. Tapi bagi Anda yang ingin membesarkan website dan mendapatkan penghasilan darisana, data ini bisa menjadi motivasi Anda sekaligus target untuk website Anda.

Caranya mudah, Anda cukup masuk ke link www.worthofweb.com lalu klik “GO” di bawah tulisan Website Value Calculator.

Lalu di halaman selanjutnya, masukkan domain yang Anda inginkan di kolom disana lalu klik tombol ‘calculate’

Selanjutnya, Anda akan diberikan data berapa dollar harga rata-rata website tersebut jika dijual ke publik.

WorthofWeb juga memberikan berapa revenue website tersebut per harinya, per bulan hingga per tahun. Jika Anda men-scroll lagi ke bawah, Anda akan mendapatkan data-data statistik lain seperti traffic, socialmedia & SEO kurang lebih seperti SimilarWeb juga.

Tools ini juga bisa dikatakan sebagai cara cek traffic yang mudah karena data-data yang ditampilkan cukup sederhana, sekaligus untuk cek peringkat website kompetitor Anda.

Di bawah ini saya lampirkan sedikit screenshot dari data yang muncul untuk blog ini.

[img.3] Statistik Plaza Bisnis Worth of Web
Private Courtesy

Mengetahui Data-data Traffic adalah Awal Suksesnya Sebuah Website

[img.4] Cara Melihat Traffic Website
Courtesy of Pixabay.com
Langkah awal dari kesuksesan sebuah website yaitu adalah ada riset yang Dilakukan sebelum mengeksekusi sebuah action. Dengan begitu Anda paham bagaimana medan yang akan ditempuh kedepannya.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan semangat yang baik dengan data-data tersebut yaitu kepercayaan diri yang lebih untuk memulai.

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.