Cara Buat Video & Perannya dalam Meningkatkan CTR Iklan Promosi Anda

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Cara Buat Video
Courtesy of Pexels.com

Sadarkah Anda bahwa di Internet ini ada Ratusan Juta informasi yang tersebar dimana-mana?

Di antara banyaknya konten & informasi yang beredar di Internet khususnya social-media, ada satu type konten yang tengah populer di berbagai postingan user atau pengguna. Type tersebut adalah Video, baik dengan rentang panjang maupun pendek.

Akibatnya trend ini, konsumsi netizen membaca artikel atau informasi agaknya sedikit berkurang dibandingkan dulu. Maka tak bisa disalahkan juga banyak yang terkecoh dengan artikel-artikel HOAX, karena netizen makin malas membaca dan lebih memilih Video.

Mengapa Video kini tengah populer?

Sederhananya, hal ini disebabkan oleh lebih simple-nya netizen mencerna informasi lewat Video. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengguna internet 80% lebih bisa banyak menangkap informasi dari konten visual daripada tulisan, visual disini juga termasuk Video.

Selain itu konten Video lebih banyak disukai mungkin karena kemungkinan HOAX-nya lebih kecil daripada artikel biasa, jikapun ada yang ingin memalsukan, effort-nya tinggi dan sulit. Maka itu jarang ada Video HOAX yang viral di medsos.

BACA JUGA: Ada Satu lagi yang Lebih Penting daripada Design Promosi

Pengaruh Video untuk Sebuah Promosi atau Iklan

Karena para netizen kini lebih menyukai Video, maka para Marketer menggunakan trend ini untuk memasarkan produknya atau produk kliennya.

Anda bisa melihat dari banyaknya iklan Video di Newsfeed Facebook beberapa bulan terakhir ini dari berbagai brand besar. Sebutlah iklan promosi dari salah satu Workshop bisnis ini, hampir setiap hari kita melihatnya muncul di Newsfeed Facebook.

[img.2] Iklan Importir
Private Courtesy
Atau betapa seringnya kita melihat iklan 30 detik di Youtube yang muncul sebelum Video sebenarnya muncul? Bahkan beberapa iklan memiliki waktu yang lebih lama daripada Video Youtube sebenarnya tersebut.

Marketer menggunakan Video ini bukan hanya karena netizen menyukai, namun lebih sering karena dampak viralitas dari Video yang tinggi! Seberapa sering kita men-share Video lucu di Facebook? Itulah buktinya! 😀

Namun untuk bisa mendapatkan dampak viral, ada beberapa syarat yang harus dimiliki Video. Video tersebut haruslah:

  1. Membuat kita takjub
  2. Memiliki nilai yang menyentuh (empati)
  3. Menghibur, lucu dan menyenangkan
  4. Berguna dan bisa langsung dipraktekkan
  5. Update berupa berita terkini

Nilai-nilai ini yang bisa para marketer—termasuk Anda—tiru dan masukkan ke dalam Video promosi atau iklan Anda.

Studi Kasus: Dampak Video dalam CTR Iklan

Beberapa bulan lalu, saya menjalankan campaign promosi yang menawarkan produk berupa tool marketing untuk para Pebisnis Online meningkatkan penjualan mereka lewat template Video. Campaign tersebut saya lakukan lewat Facebook Ads dengan type iklan CTW (Click to Website).

Pada beberapa iklan pertama, saya menggunakan Gambar pada iklan CTW tersebut. Hasilnya, dalam satu hari saya mendapatkan 4 klik dengan jangkauan iklan sebesar 203 orang.

Itu artinya saya mendapatkan 1.88% CTR yang dihasilkan dari klik : jangkauan dikali 100%.

[img.3] Iklan dengan Gambar Saja
Private Courtesy
Hari berikutnya, saya menggunakan Video (15 detik) pada iklan CTW yang sama Ad Copy-nya. Hasilnya saya mendapatkan 888 klik dengan jangkauan sebesar 5,999 orang.

CTR yang dihasilkan sebesar 13.49%. Itu artinya, CTR iklan saya meningkat sebesar 618%!

[img.4] Iklan dengan Video
Private Courtesy
Itulah dampak Video terhadap sebuah iklan, besar dan menakjubkan! Saat itu, saya menggunakan Video pendek dengan audio yang cukup menghentak. Sehingga saat muncul di newsfeed seseorang, Video akan memutar dengan sendirinya mengagetkan mereka dengan audio yang menghentak. 😀

Fitur auto-play Video memang tidak semua orang menghidupkannya, namun secara default fitur tersebut di setting ON oleh Facebook. Untuk mematikannya Anda harus mengatur ulang di setting akun Facebook Anda.

Mengapa Penting untuk Menggunakan Video untuk Promosi

Pada pembahasan sebelumnya, saya sudah bagikan pengalaman saya menggunakan Video dalam campaign iklan Facebook. Kini saya akan jelaskan mengapa Anda perlu bahkan harus menggunakan Video untuk promosi.

Persaingan bisnis kini makin sengit, semakin banyaknya orang yang tahu potensi bisnis di Internet maka semakin sengit juga persaingan yang ada. Tapi, tidak semua orang paham strategi berpromosi yang tepat dan efektif.

Kebanyakan dari mereka hanya melakukan apa yang dirasa betul bukan benar. Tapi saat mereka sudah paham ilmunya, ternyata itu adalah ilmu jaman dahulu yang sekarang sudah tidak ‘works’ lagi.

Strategi Video promosi ini, adalah strategi baru yang sedang naik daun. Tidak semua pebisnis di Internet menggunakan dan paham cara menggunakannya.

Maka itu, Anda harus menjadi yang lebih dulu memakainya untuk promosi produk Anda.

BACA JUGA: 4 Cara Sederhana Meningkatkan Konversi Penjualan Produk Anda hingga 212%!

Cara buat Video yang mudah untuk Promosi

[img.5] Cara buat Video Promosi
Courtsey of Pixabay.com
Disadari tidak semua orang bisa membuat Video Promosi, sedangkan untuk membuatnya dibutuhkan keahlian khusus.

Jasa pembuatan Video promosi pun tidak murah, beberapa mengenakan charge mulai dari 1 juta rupiah hingga yang professional sebesar 15 juta rupiah.

Jika dilihat dari situs-situs freelance, jasa Video promosi juga tidak murah.

Tapi saya punya beberapa cara buat video yang praktis, dari yang Gratis hingga yang biayanya murah & terjangkau

1. Gunakan Situs Gratis Semalt.media

Di Internet ada beberapa situs yang menyediakan Video template Gratis untuk beberapa jenis niche produk. Salah satu yang saya pernah gunakan adalah semalt.media

Pada situs tersebut, sudah tersedia belasan Video promosi yang sudah jadi. Anda tidak perlu mencari tahu cara buat video apapun, cukup masukkan logo dan link website atau social-media disana maka Video akan jadi.

Hasilnya akan muncul Video template tersebut, ditambah logo Brand Anda beserta link website atau social-media Anda.

2. Gunakan tool Video Marketing

Situs semalt.media sebenarnya adalah jasa pembuatan Video promosi, namun mereka menyediakan template Video gratis untuk percobaan. Namun kekurangannya, Video tersebut ada yang cocok ada pula yang tidak cocok.

Hal ini tentu akan membatasi keleluasaan kita dalam membuat Video promosi.

Dengan menggunakan tool Video Marketing, maka kita bisa dengan bebas membuat jenis Video apapun yang cocok untuk produk kita. Cara buat video seperti ini makin sering digunakan pada marketer online di Indonesia.

Salah satu tool yang baru hadir sekarang adalah Optionvid.co, tool yang mempermudah kita untuk membuat Video promosi. Saking mudahnya, Anda pun bisa mengambil Video dari Youtube.com untuk materi promosi.

Perbedaannya dengan tool Video marketing lain, Optionvid.co bisa menggabungkan beberapa Video (maksimal 5) ke dalam 1 Video dengan tombol interaksi yang bisa di klik penontonnya. Lebih jelasnya, Anda bisa lihat keterangannya disini.

[img.6] Halaman OptionVid
Private Courtesy

Kesimpulan

Penggunaan Video untuk marketing sangatlah Powerfull, sayangnya belum banyak yang menggunakan dan mengeksploitasi cara ini untuk meningkatkan penjualan produknya.

Jika Anda membaca artikel ini sampai habis, berarti Anda berminat meningkatkan penjualan Bisnis Anda. Betul bukan? 😉

Maka dari itu, sudah saatnya Anda menggunakan Video untuk promosi mulai saat ini. Pelajari cara membuat Video yang benar, atau praktisnya gunakan salah satu dari 2 cara yang sudah saya jelaskan dipembahasan sebelumnya. 😉 (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)