Buka Usaha tidak perlu Berfikir Terlalu Banyak, yang Penting Kuasai 5 Mindset Ini!3 min read

[img.1] Buka Usaha
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015.

Kata-kata ‘Pengusaha’ menjadi makin naik daun beberapa tahun terakhir ini. Hal itu membuat banyak orang ingin cepat-cepat atau buru-buru untuk buka usaha, padahal untuk memulainya kita memerlukan beberapa persiapan dahulu.

Mungkin standard persiapan paling basic yaitu adalah peralatan untuk berbisnis. Namun tidak disadari, elemen paling penting sebelum membuka usaha itu sebenarnya adalah… sebuah mindset!

Mindset atau Cara Berpikir, Elemen penting Sebelum Kita Buka Usaha

[img.2] Mulai Buka Usaha
Image by wendy julianto from Pixabay
Dalam perjalanannya, seorang Pebisnis atau Entrepreneur selalu dilihat ketika ia sudah meraih keberhasilan. Jarang ada orang yang melihat ketika ia berjuang mati-matian agar bisnisnya bisa bertahan diterpa segala rintangan, mulai dari berkorban, tidak gangsi, tidak sungkan berjualan, dan lain sebagainya.

Sebagian orang juga menilai kesuksesan seorang Pengusaha disebabkan oleh skill dan kemampuan dirinya membangun Bisnis.

Meski itu tidak salah, namun ada fase paling awal yang terlewat. Fase tersebut adalah fase ‘nekat’ dalam mulai buka usaha sendiri, sebelum ada pengetahuan, skill, kemampuan dan hal-hal lain.

BACA JUGA: Bingung Mau Usaha & Bisnis Apa? Simak Nasihat dari 7 Pelaku Bisnis Indonesia Ini!

5 Mindset Penting Ketika Anda Memulai Usaha

[img.3] Mindset Sebelum Membuka Usaha
Image by Christine Schmidt from Pixabay
Fase ‘nekat’ ini hanya bisa dicapai oleh orang yang menguasai mindsetmindset tertentu. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

1. Mindset Rezeki tak Akan Tertukar, Sudah ada Jatahnya

Mindset paling pertama ini yang sangat-sangat sulit untuk dimiliki oleh banyak orang, yaitu mindset bahwa rezeki tidak akan tertukar dan setiap manusia sudah ada jatahnya masing-masing.

Sehingga, apapun yang kita lakukan asalkan berikhtiar dengan cara yang baik & benar (halal) akan memberikan hasil yang terbaik untuk kita. Baik dari sisi rezeki ataupun kehidupan.

Beberapa orang yang masih berpikiran bahwa rezeki hanya bisa didapatkan dari gaji, akan sulit memulai usaha sendiri. Meski beberapa pengusaha juga sempat merasakan bekerja sambil membangun usaha.

2. Mindset bahwa Setiap Produk pasti ada ‘Jodoh’ Pembelinya

Apakah Anda khawatir ketika akan memulai usaha, produk Anda tidak berhasil terjual dengan baik?

Disinilah kita membutuhkan mental dan mindset bahwa setiap produk itu, ada ‘jodoh’-nya. Maksudnya ‘jodoh’ adalah pembeli yang cocok dengan produk yang Anda miliki.

Jika Anda sudah memiliki mindset seperti itu, buka usaha atau menjual apapun akhirnya akan mudah. Anda tinggal mencari pembeli yang cocok dengan produk Anda.

Loading...

Meski sebelum menjual, kita sudah harus melakukan riset apakah produk kita sesuai dengan pasar yang ada atau tidak.

3. Mindset bahwa Kegagalan, adalah Kesuksesan yang Tertunda

Ketika awal-awal buka usaha, yang akan terngiang adalah bagaimana jika kedepannya usaha tidak berjalan dengan baik. Sehingga pada akhirnya usaha gagal dan rugi besar.

Tetapi jika kita memiliki mindset bahwa kegagalan akan datang dan itu adalah proses menuju sukses, kita justru akan mencari kegagalan lebih cepat agar kesuksesan lebih cepat hadir juga.

4. Mindset untuk Terus Merasa Bodoh, sehingga tak Sungkan untuk Belajar

Seringkali seorang pengusaha yang sudah berhasil atau sukses, merasa dirinya sudah terlalu pintar untuk menerima pelajaran atau paling tidak nasihat dari orang lain.

Padahal justru perasaan seperti ini yang bisa ‘membunuh’ bisnis dan perusahaan.

Contoh paling real adalah bagaimana Nokia yang dahulu merajai pasar handphone, tergilas oleh ponsel pintar lain hanya karena tidak mau beradaptasi menggunakan teknologi terbaru OS Android.

BACA JUGA: Mindset Pebisnis: Bagaimana Memupuk Pola Pikir yang Sukses!

5. Mindset bahwa Kesempatan tidak datang Dua Kali, maka Ambil Selagi Masih Tersedia

Terakhir, menjadi seorang Pebisnis atau Pengusaha merupakan ajang ‘balapan’ antara siapa yang paling cepat mengambil peluang dengan yang tidak. Terutama ketika baru mulai buka usaha, kita harus melihat bahwa ada kesempatan dan peluang dari bisnis kita.

Termasuk saat saya menawarkan tools optimasi Instagram yang bernama G-Shoot yang satu ini, karena kesempatan Diskon 50%-nya dengan HARGA TERMURAH hanya akan ada sampai MALAM NANTI. Karena tepat pukul 23.59 diskon dengan harga termurahnya akan BERAKHIR.

Langsung klik banner di bawah untuk infonya.

Optimalkan Instagram Anda dengan GShoot!

Mindset Adalah yang Pertama, dibanding Semua Strategi & Trik-trik Berjualan

[img.4] Berfikir
Image by nugroho dwi hartawan from Pixabay
Meskipun untuk mengembangkan bisnis kita memerlukan strategi, trik & tools seperti G-Shoot tadi, menguasai pola pikir atau mindset yang tepat adalah kunci dari keberanian membuka usaha.

Maka itu, mulailah dari sekarang berlatih menggunakan mindset yang tepat. Agar nanti, keberanian itu muncul.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.