4 Jenis Bisnis untuk Pemula yang Bisa Anda Mulai & Minim Resiko3 min read

 

[img.1] Bisnis untuk Pemula
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Trend pengusaha muda di Indonesia tampaknya mulai meningkat beberapa tahun belakangan ini. Kita harus berterima kasih kepada seminar-seminar dan Guru-guru bisnis yang tidak bosan-bosan sharing di media mainstream maupun media-sosial tentang berbagai tips membangun bisnis untuk pemula.

Tapi jika disimak, dikalangan umum berbisnis masih jadi sebuah tantangan yang sulit. Terlebih dengan mindset masyarakat pada umumnya bahwa berbisnis itu harus diawali dengan modal yang cukup.

Maka dari itu, saya akan berbagi tentang bagaimana Anda bisa memulai membangun Bisnis meski Anda seorang pemula sekalipun tanpa memerlukan modal.

Bagi Seorang Pemula, baiknya Pilih Resiko Terkecil

[img.2] Resiko Rendah
Courtesy of Pixabay.com
Jika Anda baru saja ingin memulai, apapun itu, baiknya Anda tidak memilih sesuatu yang memiliki resiko besar. Termasuk bisnis.

Untuk itu, saat memilih bisnis, pilihlah bisnis yang tidak memerlukan modal serta tidak memerlukan banyak peralatan.

BACA JUGA: 5 Bisnis Online Terpercaya bagi Anda Pemula, serta Strategi agar Untung Besar!

Model Bisnis untuk Pemula yang Sederhana

Untuk memulai, Anda cukup mencoba model bisnis yang sederhana. Berikut adalah beberapa Bisnis untuk pemula yang bisa Anda lakukan.

1. Bisnis Reseller

[img.3] Reseller Bisnis untuk Pemula
Courtesy of Pixabay.com
Ketika Anda baru memulai, untuk menyetok banyak produk sepertinya terlalu beresiko jika produk tidak berhasil terjual sesuai target. Belum lagi jika produk tersebut belum terlalu terkenal di masyarakat.

Solusinya, Anda bisa mencari produsen yang menawarkan kerjasama reseller! Reseller jadi model Bisnis untuk pemula pertama yang patut Anda coba.

Menjadi reseller lebih menguntungkan daripada membuat sendiri, karena dengan menjual barang reseller kita tidak perlu repot membuat produk, stok juga tidak terlalu banyak, belum lagi brand tersebut sudah dikenal masyarakat.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Online yang Komperhensif untuk Newbie Sekalipun

2. Bisnis Dropship

[img.4] Bisnis Dropship
Courtesy of Pixabay.com
Hampir sama dengan sistem reseller, sistem dropship bahkan sama sekali tidak memerlukan pembelian stok barang. Kita cukup sebagai perantara antara penjual dan pembeli, dengan markup harga produk atau komisi penjualan dari produsen.

Tapi Anda harus jeli mencari supplier, karena jangan sampai barang yang sudah dibeli oleh konsumen ternyata tidak ada stoknya di supplier.

Meski begitu, bisnis dropship ini jadi salah satu model bisnis untuk pemula yang sering jadi pilihan.

3. Bisnis Pulsa

[img.5] Bisnis Pulsa Mahasiswa
Courtesy of Pixabay.com
Salah satu bisnis pemula yang paling sederhana yang muncul lebih dulu daripada bisnis online, yaitu bisnis pulsa.

Anda yang Mahasiswa sangat bisa mencoba ini, selain target konsumennya adalah teman sendiri, jika tidak ada pembeli saldo pulsa pun bisa Anda pakai sendiri!

Jika ingin lebih upgrade, Anda bisa buat sebuah etalase dengan tambahan accessoriesaccessories lain untuk HP.

4. Bisnis Franchise atau Waralaba

[img.6] Franchise Bisnis untuk Pemula
Courtesy of Pixabay.com
Terakhir, yang agak rumit yaitu Bisnis Franchise atau Waralaba. Meski untuk yang satu ini kita perlu kocek atau modal yang lumayan, tapi dampaknya cukup besar untuk kita yang sedang memulai Bisnis untuk pemula.

Tapi dulu, kita mengetahui franchise itu seputar Mc Donalds, A&W, KFC, dan lain sebagainya yang biaya franchisenya besar sekitar Ratusan Juta. Tapi kini, sudah mulai bermunculan franchise yang terjangkau dengan model booth atau kedai, yaitu kecil kisaran jutaan hingga puluhan juta rupiah seperti franchise kopi-kopi, minuman berasa, kue-kue, dan lain sebagainya.

Ada Banyak Kesempatan, Mulailah Berbisnis dari Sekarang

Jika Anda ingin membuka bisnis, mulailah dari jenis-jenis bisnis di atas. Jika Anda sudah berhasil di model bisnis tersebut, Anda bisa upgrade ke model bisnis lain yang lebih advance.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.