Bisnis Tiket Online Punya Potensi Besar di Indonesia. Begini Cara Memulainya!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
Courtesy of Pixabay.com

Industri Pariwisata sudah banyak menyumbangkan banyak pendapatan di berbagai negara di Dunia. Tampaknya beberapa tahun terakhir ini, Indonesia ikut menargetkannya pula. Disini Anda sebagai pengusaha harus mampu melihat peluang bisnis wisata, salah satunya bisnis tiket online.

Dalam salah satu media nasional, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan bahwa kekayaan alam dan keanekaragaman budaya di Indonesia merupakan modal besar untuk mendongkrak wisatawan mancanegara.

Beliau menambahkan, “Di pariwisata, contohnya cultural dan natural resources kita selalu 20 besar dunia. Namun, ketika potensinya sudah seperti itu tidak kita capitalize untuk menyejahterakan masyarakat, kan sayang,” kata Arief, di Lawangwangi Creative Space, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Bahkan ditahun 2019 nanti, target jumlah wisatawan domestik (Wisman) adalah 260 juta jiwa dan mancanegara mencapai 20 juta jiwa.

Disinilah peran penting usaha travel atau sederhananya adalah bisnis tiket online. Bisnis yang bisa dimula oleh siapa saja dan dimana saja, karena sistemnya online.

Melirik Potensi Bisnis Tiket Online di Indonesia

[img.2] Potensi Bisnis Tiket Online
Courtesy of Pixabay.com
Bisnis ini pun sebenarnya adalah penggabungan dari 2 sektor yang sedang berkembang, sektor e-commerce dan pariwisata, maka potensinya sangatlah besar.

Berkembangnya e-commerce membuat setiap orang lebih memilih memesan tiket secara online dibandingkan datang ke agen-agen tiket atau travel.

Apalagi seringkali para agen tersebut terlibat kasus penipuan sehingga ‘trust’ konsumen menghilang.

Maka inilah saatnya anda memulai bisnis tiket online atau travel sendiri, dengan dibarengi branding yang tepat serta service yang memuaskan, bukan tak mungkin bisnis Anda akan berkembang.

Dengan pasar kurang lebih 200 juta jiwa per tahun, 1% saja jika dikalikan dengan profit Rp 50,000 – Rp 100,000, anda sudah bisa mendapatkan income sebesar Milyaran rupiah!

Proyeksi:

1% x 200 juta jiwa = 2 juta jiwa / tahun x Rp 50 rb ~ Rp 100 rb = Rp 100 M ~ 200 M / tahun

Dan banyak sekali cara anda untuk bisa memulai bisnis tiket online sekarang ini. Bagaimana? Simak beberapa caranya disini.

BACA JUGA: Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Mudah

1. Mendaftar lewat Agen Online

Kini, bertebaran situs-situs pendaftaran untuk menjadi agen travel dan tiket online di internet. Beberapa diantaranya menawarkan scam dan penipuan, beberapa diantaranya memang benar-benar terpercaya dengan sistemnya.

Beberapa list dibawah ini saya temukan dengan cara ‘Googling’ di internet, saya belum pernah menggunakan semua service dibawah ini. Maka jika anda ingin mendaftar dibawah ini, silahkan namun mohon periksa keabsahannya agar anda tidak terjebak pada penipuan.

Beberapa situs pendaftaran bisnis tiket online:

  • agentravel.id
  • www.fastravel.co.id
  • www.travgo.com
  • id.via.com/_login

2. Menjadi Affiliate Jasa Travel Terpercaya

Jika pada opsi pertama anda mendaftar menjadi agen bisnis tiket online dengan nama bisnis anda sendiri, di opsi kedua ini anda menjadi ‘perpanjangan-tangan’ dari situs-situs travel agent besar lokal bahkan Internasional.

Caranya pun lebih mudah daripada opsi pertama, anda cukup menyebarkan link yang menuju situs besar tersebut. Jika ada yang tertarik membeli lalu klik link tersebut, anda akan mendapatkan komisinya tanpa repot mengurus tiket pelanggan.

Penyebaran link sendiri bisa dilakukan lewat website, social-media atau email blast. Anda bisa mendaftarkan diri anda menjadi affiliate di bawah ini:

  • affiliate.pegipegi.com
  • partners.agoda.com/id-id/affiliate.html
  • www.booking.com/affiliate-program/v2/index.html

Tips Memasarkan Bisnis Tiket Online & Travel Anda

[img.3] Strategi Promosi
Courtesy of Pixabay.com
Mendaftarkan diri menjadi Agen atau Affiliate program travel hanyalah langkah awal membangun bisnis Agen Travel, anda masih perlu melakukan banyak hal termasuk yang paling krusial.

Promosi!

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

Promosi untuk Jasa Agen Travel Pribadi

Cara paling mudah untuk memperkenalkan jasa Agen Travel anda adalah memperkenalkannya di kalangan keluarga sendiri, seperti saudara, paman atau tante, baru berlanjut ke kalangan kolega dan teman.

Jika bisnis tiket online anda menggunakan opsi pertama, yaitu mendaftarkan diri atas nama bisnis anda, maka biasanya vendor memberikan website sendiri yang bisa anda gunakan.

Mintalah kawan dan kerabat untuk melihat situs milik anda, sehingga mereka bisa melihat penawaran-penawaran serta Diskon disana.

Jika mereka tertarik, maka order harus segera anda proses agar bisnis pertama anda tidak mengecewakan customer.

Selanjutnya, setelah dikenal dikalangan sendiri, anda bisa mulai posting di social-media pribadi seperti Facebook, twitter & Instagram. Lalu kembangkan ke Fanspage, dan lain sebagainya.

Promosi sebagai Affiliate Travel

Tapi jika anda mendaftar sebagai affiliate, anda tidak perlu memperkenalkan diri sebagai penyedia jasa travel, karena cukup dengan menyebar link saja anda akan mendapatkan komisi dari penjualan.

Gunakan kata-kata yang mengundang penasaran seperti;

“Wah, baru tau ada promo nih di Pegipegi. Cuman sampe 15 Mei 2017 aja, semoga tanggal segitu ada budget yee.. :D”

Dengan begitu, anda tidak terlihat seperti berjualan, tapi jika teman anda di social-media melihat, lalu klik dan beli promo tersebut, anda akan mendapatkan komisinya.

Selain cara itu, anda juga bisa menaruh link affiliate dari vendor anda di website yang traffic-nya tinggi jika anda punya. Ini lebih mudah lagi, karena banner promosi akan ada disana terus menerus ‘menyapa’ pengunjung website anda.

Semua Agen Travel, bermula dari Bisnis Pribadi

Kesuksesan seseorang akan dilihat hasilnya dari seberapa keras ia mewujudkannya, termasuk membangun bisnis tiket online.

Rusdi Kirana, sang pemilik maskapai penerbangan paling masyur di Indonesia yaitu Lion Air pun memulai bisnisnya dari sekedar calo tiket Pesawat. Bahkan beberapa kali ia menjalani bisnis lain seperti salesman mesin ketik.

Tapi kini, kerja kerasnya pun berbuahkan hasil yang manis. Maskapai miliknya, Lion Air menjadi salah satu maskapai dengan jumlah penerbangan yang paling tinggi!

Mulai bisnis anda dari sekarang, jangan menyerah hingga target anda tercapai. 😉 (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)