Bisnis Pulsa; Cara Cerdas Memanfaatkan Gadget Sebagai Sumber Uang3 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Bisnis Pulsa
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Puluhan bahkan Ratusan gadget murah membanjiri pasar lokal Indonesia dari luar negri, mulai dari Korea, Jepang, Tiongkok, hingga Eropa dan Amerika. Ada juga produsen lokal yang cukup sengit bersaing didalamnya, membuka peluang bisnis yang cukup potensial meski terlihat ‘receh’ dari luar… yaitu bisnis pulsa.

Menjamurnya bisnis seperti ini dimulai dari transformasi model penjualan pulsa voucher menuju pulsa elektronik. Dimulai dari situ, siapapun yang memiliki gadget se-kuno apapun bisa menawarkan jasa pengisian pulsa darimanapun ia berada.

Syaratnya, lakukan pendaftaran lewat call center pengisian pulsa. Kini ada banyak vendorvendor, dulu mungkin yang paling terkenal adalah M-Kios. Anda bisa mencarinya dengan datang ke countercounter pulsa daerahmu, atau searching di Google lalu pilihlah yang paling kredibel atau disarankan oleh kenalan Anda.

Tips Bagaimana Agar Bisnis Pulsa Anda Laris

[img.2] Agar Bisnis Pulsa Laris
Courtesy of Pixabay.com
Jika Anda adalah ‘pemain lama’ di voucher elektronik, pasti Anda sudah memiliki customer langganan yang sudah hampir pasti selalu mengisi pulsa lewat Anda.

Tapi jika Anda masih baru di bisnis pulsa ini, ada baiknya Anda terapkan beberapa strategi berikut ini agar bisnis pulsa Anda makin dikenal dan punya pelanggan yang banyak.

Berikut beberapa tipsnya,

1. Pastikan Jaringan Anda yang Terbaik

[img.3] Sinyal Jaringan
Courtesy of Pixabay.com
Salah satu keluhan para customer pulsa elektronik, adalah seringkali adanya gangguan sinyal sehingga pulsa regular atau kuota data yang customer inginkan tidak masuk saat itu juga.

Padahal boleh jadi mereka membutuhkan pulsa tersebut saat itu juga. Maka agar service Anda tidak mengecewakan, pastikan Anda berada di jaringan yang bagus atau bahkan terbaik!

BACA JUGA: Jam-jam Posting Instagram Ini dapat Memberikan Like paling Besar!

2. Usahakan Saldo Pulsa Elektronik Anda Selalu Ada

Tidak jarang ketika customer ingin mengisi pulsa dengan jumlah yang cukup besar, penyedia tidak memiliki saldo pulsa elektronik yang cukup. Kalau begini, bisa-bisa calon customer Anda akan lari ke penjual pulsa lain.

Pun jangan juga menolak customer yang ingin beli pulsa dalam jumlah banyak karena margin Anda kecil, tetap layani karena itu akan membuat customer nyaman dan mempercayai bisnis pulsa Anda.

Loading...

3. Permudah Metode Pembayaran Anda

[img.4] Metode Pembayaran
Courtesy of Pixabay.com
Dahulu, keluhan pada pebisnis pulsa elektronik adalah seringnya pelanggan mereka berhutang dan tidak melunasi tepat waktu. Memang, ini salah satu kemudahan.. tapi kalau merugikan bisnis Anda maka hal tersebut tidak worthed untuk dipertahankan.

Tapi, jangan juga mengabaikan tentang kemudahan bayar customer ini. Agar terjadi proses yang menyenangkan kedua-belah pihak, Anda bisa mencari cara lain yang memudahkan customer menggunakan jasa Anda.

Salah satu yang saya sarankan adalah menggunakan marketplace, Anda bisa memberikan rekening marketplace untuk pembayaran sehingga customer merasa aman karena cara pembayaran tersebut aman.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Bisnis Online Gratis lewat HP yang bisa Kamu Mulai Sekarang!

4. Permudah Metode Pemesanan Jasa Anda

Jika poin sebelumnya adalah mempermudah & memberikan rasa aman proses pembayaran untuk customer, kini Anda bisa mempermudah metode pemesanan bisnis pulsa Anda.

Bagaimana? Clue-nya adalah; “Hampir semua orang kini menggunakan Whatsapp”.

Sudah ketemu?

Ya! Izinkan customer Anda untuk bisa memesan pulsa lewat aplikasi chat Whatsapp! Dengan begitu mereka bisa memesan kapan pun, dimanapun.

Gunakan Whatsapp Business agar jika customer memesan misalnya di malam hari dan Anda sudah terlelap, mereka tetap akan disapa oleh Anda melalui fitur balas otomatis Whatsapp Business.

Semakin Mudah Customer Menjangkau Anda, Semakin Laris Pesanan Anda hingga Jadi Langganan Tetap!

[img.5] Loyal Customer

4 strategi di atas adalah beberapa dari sekian yang bisa Anda optimalkan dalam bisnis pulsa Anda. Pada prinsipnya, gunakan apapun yang dapat memudahkan calon customer menjangkau Anda.

Bisa gunakan social-media, misalnya Instagram sehingga yang ingin pesan bisa kirimkan DM. Bisa juga lewat twitter DM & facebook messenger, jika Anda bisa memaksimalkan semuanya maka semua itu akan jadi peluang customer bagi bisnis pulsa Anda.

Dan bukan mustahil, saat pelanggan Anda puas mereka akan menjadi pelanggan tetap atau bahkan merekomendasikan bisnis pulsa Anda dilain waktu. 😉

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.