Bingung Mau Usaha Apa? Simak Nasihat dari 7 Pelaku Bisnis Indonesia Ini!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Bingung Mau Usaha Apa
Courtesy of pixabay.com

Banyak orang bingung mau usaha apa. Kebingungan tadi muncul boleh jadi karena ketidak-tahuan tentang dasar-dasar dan banyaknya peluang bisnis, atau justru alasan yang dirawat untuk menutupi ketakutan untuk memulainya.

Ketidakpastian itu kalau dipikir-pikir sebenarnya hal yang lumrah.

Kita tidak tahu akan hidup sampai kapan, atau yang paling sederhananya kita tidak tahu kapan waktu kita sehat dan kapan sakit menyerang kita.

Tugas manusia di dunia hanyalah untuk berusaha sekuat tenaga, sambil mengharapkan yang terbaik kepada Allah ta’ala.

[img.2] Harapan Hidup untuk yang Bingung Mau Usaha Apa
Courtesy of pexels.com
Jika anda sekarang dalam rangka kebingungan dalam memulai usaha, ketahuilah bahwa tidak ada salahnya untuk memulai bisnis anda sekarang.

Tidak perlu membuka restoran cepat saji yang modalnya ratusan juta, atau perusahaan konveksi dengan mesin produksi milyaran, cukup jajakan produk anda ke keluarga, kerabat ataupun teman kantor sembari kerja.

Saya pengalaman ada kawan yang menjajakan produknya ke teman-teman kantornya. Kira-kira 3 atau 4 bulan kemudian ia pun resign untuk fokus mengurus produksi bisnisnya yang sekarang pasarnya sudah meluas.

BACA JUGA: Ini 7 Sifat yang Cocok untuk Menjadi Pengusaha

Nasihat-nasihat dari 7 Pengusaha Sukses Indonesia untuk Anda yang Bingung Mau Usaha Apa

Kalau kebingungan tadi masih membayangi dalam benak anda, mungkin saatnya anda dinasehati dengan ekstrim! 😀

Maka dari itu, saya akan menghadirkan nasihat dari 7 pelaku bisnis di Indonesia yang omsetnya sudah Milyaran. Para pelaku bisnis tersebut adalah:

  1. Ippho Santosa – Pemilik Franchise TK Khalifa, Pengusaha

[img.3] Ippho Santosa
Courtesy of pikiran-rakyat.com
Nasib manusia dapat dirubah dengan usaha yang mereka lakukan juga. Tidak ada kata terlambat untuk merubah jalan hidup yang anda jalani sekarang, selama hayat masih dikandung badan. Batas akhir usaha manusia hanyalah saat nyawa sudah diangkat, maka teruslah berikhtiar.

Ada beberapa cara untuk mengubah nasib anda:

  • Berharaplah atas Kehidupan yang lebih baik, siapapun berhak berharap termasuk Penjahat!
  • ‘Beli’ impian Anda dengan mendekatkan diri kepada Sang Pemberi Rezeki
  • Berharap dibarengi dengan Usaha
  • Percayalah, bahwa Allah tidak akan menerlantarkanmu
  1. Jaya Setiabudi – Pemilik YukBisnis.com, Youth Entrepreneur Camp

[img.4] Jaya Setiabudi
Courtesy of youtube.com
Lakukan bisnis secara Fokus! Jadikan diri anda ahli di satu bidang, dedikasikan disana, baru ‘lompat’ ke ilmu lain setelah sukses menghasilkan di ilmu sebelumnya.

Belajar dari gerai Solaria, walau mereka hanya memiliki satu bisnis yaitu rumah makan (bukan Group seperti kebanyakan), tapi mereka tetap berhasil dengan omset di atas 100 Milyar per bulan.

Kebanyakan pebisnis pemula membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Mindset itu salah besar! Karena, orang yang seharusnya dibanding-bandingkan dengan anda adalah anda di masa lalu.

Terakhir, lawan 2 hal yang jadi musuh pebisnis kebanyakan. Apa itu?

Yaitu: Penundaan dan Alasan

  1. Agus Pramono (Mas Mono) – Pemilik Ayam Bakar Mas Mono

[img.5] Mas Mono
Courtesy of republika.co.id
Kuncinya ada 3S, yaitu Sabar, Syukur dan Sedekah.

Dalam memulai bisnis, seorang pengusaha harus bisa bersabar dalam menunggu usahanya membuahkan hasil, sembari bersyukur atas kenikmatan yang telah Allah berikan.

Dua hal diatas saja sudah bisa dijadikan indikator pantas atau tidaknya seseorang untuk sukses di masa depan.

“S” terakhir kadang jadi elemen penentu, yaitu Syukur. Elemen ini membuat kita menekan ego kita sebagai manusia, bahwa kita tidak sendirian dan masih ada yang lebih susah daripada kita.

Mas Mono menerapkan konsep spiritual company dalam menjalankan bisnisnya, dan ia sebarkan ke seluruh karyawan dan tim management-nya.

BACA JUGA: 9 Tips Memulai Bisnis Baru ala Safir Senduk

  1. Saptuari – Pemilik Jaringan Kedai Digital

[img.6] Saptuari
Courtesy of studentpreneur.co
Memulai bisnis tidak perlu harus dengan modal, ada banyak sekali cara lain yang tidak melibatkan modal besar. Banyak orang berpandangan bahwa memulai bisnis harus dimulai dengan duit.. duit.. dan duit.

Padahal banyak sekali usaha yang bisa dimulai dengan modal dengkul (alias tanpa modal), beberapa diantaranya adalah:

  • Broker Rumah dan Tanah

Ada banyak pemilik rumah yang ingin menjual rumahnya, entah karena pindah atau karena memang rumahnya dibangun untuk dijual kembali.

Jadilah perantara mereka, carilah pembeli yang tertarik dengan rumah tersebut. Lalu anda bisa mendapatkan komisi dari pemilik rumah atau memberikan margin keuntungan.

  • Dropship

Carilah teman atau kawan yang memiliki produk, lalu pasarkan dengan perjanjian dengan pemilik produk tersebut, baik itu persentase ataupun margin keuntungan.

Atau carilah penjual-penjual di dekat rumah anda, adakan perjanjian bahwa anda akan mempromosikan barang mereka lewat online. Nanti, entah komisi atau margin keuntungan anda bisa atur sendiri.

  • Jasa Kepengurusan Surat-surat

Orang-orang di Kota termasuk orang-orang yang kesibukannya lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya. Maka, tidak semua orang sempat untuk mengurus surat-surat atau administrasi yang diperlukan.

Disini, anda bisa menawarkan jasa kepengurusan dengan menentukan ongkosnya kepada pengguna jasa. Anda tinggal ‘gerak’ dan tanpa modal bukan? 🙂

  1. Jody Brotosuseno – Pemilik Waroeng Steak

[img.7] Jody Brotoseno
Courtesy of kontan.co.id
Setiap orang yang sukses perlu yang namanya mimpi. Tanpa mimpi, maka tidak ada yang perlu diwujudkan oleh anda.

Impian tersebut harus kuat pondasinya, solid perhitungannya, lalu anda buat langkah seperti apa yang harus anda lakukan untuk mencapai impian bisnis anda.

Namun impian itu tidak akan bisa berhasil tanpa kesungguhan mewujudkan mimpi tesebut. Kesungguhan tersebut berarti adalah usaha dan kerja keras yang dibarengi dengan do’a serta tawakkal.

  1. Rangga Umara – Founder & Brand Owner Pecel Lele Lela

[img.7] Rangga Umara
Courtesy of citizen.liputan6.com
Ide dapat dimulai dengan konsep yang sederhana, namun dihadirkan (delivery) dengan cara yang lebih baik dari sebelumnya. Dari situlah Restoran Lele Lela lahir.

Setelah memulai bisnis, terkadang ada saja batu sandungan di tengah-tengah perjalanan. Saat hal tersebut terjadi, ambil resiko untuk berubah dari kondisi tersebut!

Resiko ini yang Lele Lela ambil saat memindahkan tempat atau lokasi gerai Lele Lela yang awal mulanya di Pondok Bambu, menuju tempat baru yang lebih strategis. Walaupun belum tahu juga akan laris atau tidak.

  1. Bob Sadino – Owner Kem Chicks Supermarket

[img.8] Bob Sadino
Courtesy of liputan6.com
Orang pintar belajar dengan keras di bangku pendidikannya, hanya untuk pergi melamar kerja sesudahnya. Sementara orang ‘goblok’ berjuang keras untuk dapat bisa membayar para pelamar kerja tadi.

Dalam memulai bisnis, sebaiknya anda tidak perlu terlalu memikirkan perencanaan panjang yang berbelit-belit. Selain memakan waktu dan menyebabkan bisnis anda ‘telat lahir’, bisa-bisa ide bisnis anda nantinya ‘keburu’ diambil dan di eksekusi orang lain nantinya.

Pesan terakhir untuk anda yang bingung mau usaha apa, mulailah bisnismu sekarang! Jangan menunda-nunda. Karena bisnis yang berhasil adalah bisnis yang dikerjakan!

Semua yang Dimulai dengan Rasa Bingung, Biasanya Berakhir Gagal

Saat memulai bisnis, seharusnya kalimat: “Bingung Mau Usaha Apa” tidak lagi hadir dalam benak kita. Membangun sesuatu dengan kebingungan adalah hal yang membahayakan dan cenderung gagal.

Terutama jika anda sedang membangun bisnis. Pengusaha yang sukses adalah orang-orang yang yakin akan impian bisnisnya, dengan tetap berusaha keras dalam mewujudkan impian tersebut. (Raf)

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)