Upgrade Ilmu & Skill dengan Belajar Online lewat Situs-situs Berikut Ini!3 min read


[img.1] Belajar Online
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Perjalanan pendidikan memang sangat panjang di dunia ini, mulai dari yang sangat tua seperti pendidikan keagamaan hingga yang modern seperti teknologi informasi. Melanjutkan perjalanan panjangnya, kini hadir lagi metode belajar online dimana pengajar tidak harus langsung bertatap muka dengan muridnya.

Hal ini merupakan sebuah revolusi sistem pembelajaran besar sejak 1 dekade ke belakang. Metode yang awalnya diremehkan ini, kini justru berkembang pesat dengan munculnya berbagai situs & startup sejenis. Sekarang, mari kita bahas beberapa diantaranya.

Tingkatkan Skill & Wawasan dengan Situs-situs Belajar Online yang Keren

Berbeda dengan sistem pendidikan biasa, sistem belajar online ini memiliki ciri khas yang dapat menarik banyak pengguna.

Salah satu yang khas adalah model pembelajaran ini seringkali menawarkan teori pembelajaran yang khusus atau bahkan technical.

Salah satu yang sering ditawarkan adalah bagaimana memulai bisnis, menjadi lebih creative, menjadi lebih sehat, mencapai bentuk tubuh yang ideal, dan lain sebagainya.

Model pembelajaran seperti ini akan sangat menarik bagi orang-orang, karena teori yang didapat bisa langsung dipraktekkan setelah mempelajarinya.

Berikut adalah beberapa situs belajar online yang bisa Anda coba.

1. Zenius.net

Jika pada penjelasan sebelumnya saya bilang bahwa kebanyakan metode pembelajaran ini menawarkan ilmu-ilmu praktikal, Zenius lebih menyasar anak-anak SMP & SMA yang membutuhkan ilmu-ilmu tambahan terkait pelajarannya.

Maka situs ini cocok untuk anak-anak yang mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir dan sejenisnya.

2. Udemy.com

Situs belajar online yang satu ini bukan milik lokal, ia adalah perusahaan yang berbasis di luar negeri.

Seperti penjelasan saya, materi-materi pembelajaran disini berkisar pada skill-skill teknis seperti writing skill, public speaking, online business, programming & coding, dan lain sebagainya.

3. Ruangguru.com

Sama seperti Zenius, situs ini juga menawarkan materi-materi yang dikhususkan untuk anak SMP & SMA.

Materi-materi disini diisi oleh tutor-tutor terbaik Tanah Air!

4. Quipper.com

Begitu juga dengan Quipper ini, situs ini berfokus pada membantu anak SMP & SMA untuk melatih pembelajaran harian di sekolah.

5. Alison.com

Hampis sama dengan Udemy, Alison menawarkan kursus-kursus online yang bervariasi dan bersifat spesifik.

Beberapa diantaranya ada Teknologi, Bahasa, Science, Kemanusiaan, Bisnis, Marketing, dan lain sebagainya.

6. Coursera.org

Berbeda dengan beberapa situs di atas, situs belajar online Coursera memberikan kursus yang ditargetkan kepada para Mahasiswa & Mahasiswa di seluruh dunia.

Ia menawarkan pembelajaran yang materinya disadur dari beberapa Kampus ternama di Dunia seperti, Illinois, Stanford, Duke University, dan lain sebagainya.

7. Edx.org

Serupa dengan Coursera, edX memberikan kursus-kursus yang bersumber dari beberapa kampus terkenal di Dunia.

Beberapa yang tergabung adalah; Harvard, Berkeley, dan sebagainya.

8. MasterClass.com

Salah satu tempat belajar online yang akhir-akhir ini sering syaa temukan iklannya di beberapa social-media. Memang menurut saya, social-media mungkin merupakan tempat dimana target konsumen mereka berada.

MasterClass ini sangat menarik, selain harganya relatif murah.. mereka juga menawarkan materi-materi pembelajaran yang bersifai Skillfull dan dipandu oleh tokoh-tokoh terkenal Dunia.

Sebut saja Timbaland, Carlos Santana, Gordon Ramsay, dan lain sebagainya.

Fokus pada Satu Bidang Pembelajaran, Lalu Kuasai Sepenuhnya!

Dengan bermunculannya banyak situs-situs di atas, kesempatan belajar kita jadi sangat banyak!

Tapi hati-hati, kesempatan itu akan jadi buah simalakama apabila Anda terlampau ingin mempelajari semua, sehingga skill Anda tidak terfokus pada satu bidang dan cenderung setengah-setengah.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.