Inilah Beberapa Bisnis Online Gratis yang Bisa Anda Lakukan

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing šŸ”— & Master Facebook Ads šŸ”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Jenis-Jenis Bisnis Online Gratis
Courtesy of agenciafirma.com.br

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas bagaimana cara memulai bisnis online yang baik. Kali ini untuk menjabarkan lebih detail tentang jenis-jenis bisnis online, saya akan memulai dengan memberi informasi tentang beberapa bisnis online gratis yang sedang marak dilakukan dewasa ini.

Perlu diketahui, bahwa berbisnis Online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berbisnis konvensional secara offline. Perbedaan yang menentukan bahwa bisnis Online lebih potensial, adalah dikarenakan jangkauan promosi yang tak terbatas.

Anda bisa menargetkan Pasar Lokal maupun Internasional dengan waktu yang cepat dan strategi yang sesuai. Tinggal pilihĀ channel mana yang akan anda gunakan dan Optimasikan, apakah melaluiĀ social-media, SEO, Google AdWords, email marketing, dan beragam cara lainnya.

Contohnya, ada sebuah bisnis distro (clothing) ternama yaituĀ “Peter Says Denim”. Mereka telah merambah pasar Internasional dengan strategi endorse oleh Band-Band Rock & Metal ternama di Dunia dan ditampilkan pada social-media dan website mereka.

Peter Says Denin di Amerika
Courtesy of adasatu.com

5 Bisnis Online Gratis di Dunia Internet

Jika anda tertarik untuk mulai menggarap Bisnis online, maka tidak perlu khawatir. Karena sekarang iniĀ ada beberapa bisnis online gratis yang mudah bagi anda untuk dijalankan.

Untuk memulai list bisnis online gratis kali ini, saya akan mulai dengan bisnis berikut ini.

1. Bisnis Jasa Online

Sebelum adanya system promosi online seperti sekarang, bisnis jasa sebenarnya jadi salah satu peluang bisnis yang hampir tanpa modal. Karena dengan berbekal skill dan waktu, maka kita bisa mendapatkan untung yang tak sedikit.

Jika anda mau mencoba salah satu bisnis online gratis dengan typeĀ jasa ini, anda bisa memulainya dengan bisnis mengetik.

Dijaman komputerisasi begini siapa sih yang tidak bisa mengetik? Maka dengan skill seadanya anda bisa memulai bisnis Jasa pertama anda.

Dengan mempromosikan secara online, maka bisnis Jasa anda bisa diketahui seantero Indonesia.

Beberapa contoh bisnis jasa antara lain adalah;

a. Jasa Event Organizer: Glanzorganizer.com

Website Glanz
Private Courtesy

Jika anda memilikiĀ passion dalam penyelenggaraan acara, maka membuatĀ Event Organizer bersama teman-teman bisa anda lakukan dalam memulai bisnis.

Ini adalah website bisnis saya yang saya bangun bersama kawan-kawan kuliah pasca lulus dari kampus, cukup dengan bermodalkan website dan tim, kami sudah bisa menawarkan penangananĀ event mulai dari personal hingga perusahaan.

b. Jasa Gambar Design Konstruksi: Interdrafter.com

Website Interdrafter
Private Courtesy

MemilikiĀ skill mendesign danĀ engineering, maka anda bisa memasarkan jasa anda secara Online. Lihat saja website diatas ini, dengan memberikan portofolio hasil penggambaran mereka, maka pengunjung akan mengetahui hasil kerja jasa mereka.

Mereka dengan cemerlang menempatkan kontak di sisi kanan website sesaat ketika pengunjung baru memasuki Homepage mereka. Ini bisa dikategorikan sebagai “call to action” untuk pengunjung agar segera mengkontak si pemilik bisnis tersebut.

c. Jasa Pengiriman Barang: Rex.co.id

Website Rex Id
Private Courtesy

Memasarkan jasa pengiriman barang pun bisa anda lakukan dengan mudah melalui website. Walaupun ini mungkin tidak seperti bisnis online gratis kebanyakan, bisnis jasa pengiriman ini memerlukan modal yang lumayan yaitu kendaraan minimal sepeda motor.

Namun anda dapat menyiasati modal anda yang sedikit, dengan mencari partner atau kenalan yang memiliki kendaraan. Sehingga anda tidak perlu membeli unit kendaraan untuk mengantarkan barangĀ customer.

d. Jasa Membangun Rumah: Mitrarenovasirumah.com

Website Mitrarenovasi
Private Courtesy

Punya linkĀ kenalan atau daftar matrial besertaĀ list harga mereka? Jadikan hal tersebut kesempatan anda untuk menawarkan jasa renovasi rumah. Target anda tidak perlu besar-besar, cukup rumah-rumah pribadi yang ada di komplek besar maupun cluster.

Seperti website Mitrarenovasirumah.com diatas, mereka menawarkan jasa renovasi rumah bahkan membangun rumah. Jasa konvensional ini pun bisa anda mulai secara Online dan gratis dengan strategi yang cerdas.

e. Jasa Pengetikan Artikel: Kontenesia.com

Website Kontenesia
Private Courtesy

Terakhir, denganĀ skill sesederhana mengetik, anda pun dapat memulai bisnis sendiri dari rumah di depan laptop masing-masing.

Kontenesia.com memberikan kesempatan bagi anda yang memiliki keahlian menulis dan tentunya membuat sebuah artikel yang kredibel sesuai pesanan klien dalam kategoriĀ niche tertentu.

2. Bisnis Iklan di Social Media

Iklan Social Media
Courtesy of pixabay.com

Setelah zaman social media melanda Dunia, maka salah satu bisnis yang awalnya tak terpikir ini jadi incaran orang-orang yang melek teknologi. Pasalnya hanya dengan bermodalkan akun social media, anda bisa menawarkan space iklan di akun social media anda.

Beberapa social media yang dipakai disini antara lain adalah twitter & instagram. Mengapa dua social media ini? Karena saya pribadi baru melihat adanya promosi iklan di kedua social media tadi.

Lalu bagaimana jika anda ingin memulai bisnis online gratis ini?

Pertama anda perlu membuat akun social media dengan jumlah follower yang besar. Biasanya diatas 10ribu follower, dibawah itu potensi anda ditawarkan ā€˜paid promoteā€™ kecil.

Baca Juga: Sukses Promosi di Instagram dengan 17 Strategi Jitu ini

Istilah ā€˜Paid Promoteā€™ sendiri adalah saat dimana klien meminta akun social media tersebut memposting produk si klien, dengan me-mention akun bisnis klien tersebut.

Beberapa orang telah meraup banyak keuntungan hanya dengan cara seperti ini. Namun perlu anda ketahui, ada strategi khusus agar anda memiliki follower yang besar. Seperti akun @kata2mutiara, @BisnisTerpadu, dan lain-lain.

[img.2] Paid promote jadi potensi Bisnis Online Gratis
Courtesy of simpq-indonesia.com
Beberapa strategi menggaet follower yang paling terbukti berhasil diantaranya adalah:

  1. Sharing status-status inspiratif, quotes, tips yang bermanfaat.
  2. Follow orang-orang berpengaruh di segmen anda, lalu berinteraksi dengan mereka

Untuk strategi yang lebih mendetail akan dibahas dikesempatan lainnya.

3. Bisnis CPA/ CPL (Cash per Action/ Lead)

Bisnis CPL
Courtesy of pixabay.com

Dalam mempraktekkan bisnis ini, anda perlu memiliki pengetahuan lebih lanjut tentang teknologi internet. Karena dalam bisnis ini, sistem diatur sedemikian rupa oleh teknologi internet.

Disini anda perlu untuk melakukan register (pendaftaran) seperti yang biasa kita lakukan dalam mendaftarkan diri ke social-media maupun e-mail. Namun akan ada verifikasi lebih lanjut dari pihak pemilik program CPA/ CPL.

Mengapa verifikasi diperlukan? Hal ini dikarenakan bisnis online gratis ini perlu kejelasan data, selain juga anda akan diajak kerjasama yang serius dalam mengelola konten yang mereka berikan. Dan konten tersebut berkaitan dengan service mereka kepada kliennya.

Lalu apa yang kita lakukan dalam Bisnis OnlineĀ CPA/ CPL ini?

Anda hanya diminta untuk mempromosikan sebuah link, dimana setiap orang yang mengklik link tersebut akan diarahkan menuju halaman website milik klien tersebut. Lalu setiap pengunjung yang melihat akan diarahkan untuk mengisi data diri berupa Nama & Email, atau ada pula yang diarahkan untuk men-download voucher belanja, dan sejenisnya.

Pada dasarnya bisnis online gratis ini adalah bisnis menghubungkan klien dengan calon prospek mereka, yaitu dengan direct contact yang akan mereka lakukan dengan e-mail.

Beberapa contohnya adalah: MaxBounty.com, Peerfly.com dan lain-lain.

4. Bisnis Survey

Bisnis Survey
Courtesy of pixabay.com

Anda perlu mengetahui bahwa diluar sana banyak perusahaan yang memerlukan sebuah survey untuk mendapatkan sebuah data valid bagi perusahaannya untuk diolah nanti. Baik survey itu nantinya digunakan untuk menganalisa persaingan pasar, kinerja service, demografi target pasar dan berbagai macam jenisnya.

Maka dari itu, ada beberapa orang yang memiliki ide untuk membuat sebuah layanan agar para perusahaan itu bisa mendapatkan data yang dibutuhkannya, namun orang yang disurvey pun juga mendapatkan keuntungan.

Layanan inilah yang menjadi peluang bisnis baru secara online, juga salah satu bisnis online gratis yang patut dicoba.

Dengan memberikan survey online, maka seseorang akan diberikan poin yang nantinya bisa mereka tukarkan dengan sejumlah uang. Sehingga perusahaan pun bisa mendapatkan data surveynya dengan volume data yang cukup.

Beberapa contoh diantaranya: iPanel Indonesia, TakeSurveyforCash.com

Baca Juga: Simak 5 Tools Gratis untuk Mencari Ide Bisnis di Internet

5. Bisnis Affiliasi

Jika berbisnis online jadi keinginan anda, namun masih belum memiliki modal maka bisnis affiliasi adalah salah satu jalannya.

Sistem affiliasi ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan system komisi yang lama kita ketahui ada pada bisnis biasa. Seperti jika seseorang menggolkan sebuah proyek, maka orang tersebut mendapatkan komisi sebesar kesepakatan antar perantara dan yang mengerjakan.

Maka bisnis affiliasi juga seperti itu. Setiap pembelian yang dilakukan customer anda yang mempromosikan akan mendapatkan sekian persen dari harga jual produk.

[img.3] Bisnis Affiliasi sebagai alternatif Bisnis Online Gratis
Courtesy of sanlogs.com
Namun untuk dapat melakukan ini, seperti pada Bisnis CPA/ CPL maka anda perlu untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelah itu anda akan diberikan sebuah link yang jika seseorang membeli sebuah produk dari link anda, maka anda mendapatkan komisi.

Beberapa contoh diantaranya; ratakan.com, affiliate.yukbisnis.com, mulaibisnis.net (daftar dulu, ini link affiliasi saya). Silahkan mendaftar beberapa tempatĀ affiliate diatas untuk memulai bisnis online gratis Anda.

Masih Banyak Jenis Bisnis Online Gratis Lainnya

Jika ditelusuri, mungkin masih banyak lagi cara untuk melakukan bisnis online secara gratis dizaman internet seperti ini. Saya pernah mendengar bisnis men-translate tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, atau bisnis menyediakan video testimony yang meyakinkan, dan banyak lagi jenisnya.

Tinggal ketelitian anda saja dalam memilih mana layanan yang bisa dipercaya, dalam artian yang benar-benar pernah dipakai orang lain untuk menghasilkan uang dari internet. Karena memang banyak diantara yang beredar di internet adalah penipuan dan palsu.

Saran saya, sebagi pemula cobalah jenis bisnis yang nihil resiko, jika sudah menghasilkan baru bisa coba yang menantang, tapi ingat NO GAMBLING ya! Selamat mencoba! (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! šŸ™‚

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

2 Comments

    • Gpp mas, sedikit demi sedikit lama jadi bukit. Trik kalau mau PO tiap bulan ya gabung dengan publisher lain. Untuk tips-tips seputar adsense saya rekomen ke stream-seo.com atau shoutmeloud.com. Selamat belajar! ^_^

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)