Aspek Pemasaran yang Harus Diperhatikan Para Pelaku Bisnis4 min read

[img.1] Aspek Pemasaran
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015.

Pada setiap bisnis, ada banyak aspek yang harus diperhatikan mulai dari sebelum memulai hingga ketika aktivitas bisnis berjalan. Aspek-aspek tersebut bisa berhubungan dengan lingkungan, sosial, keamanan dan lain sebagainya. Tapi satu elemen yang akan kita bahas sekarang ini adalah yang berpengaruh langsung pada keberlangsungan bisnis, yaitu aspek pemasaran.

Pentingnya aspek pemasaran akan sangat terlihat ketika bisnis mulai merangkak naik dan mulai ada pertumbuhan, aspek pemasaran ini akan menentukan apakah pertumbuhan ini akan naik berkelanjutan atau ‘stagnan‘ tidak lagi bergerak naik. Aspek pemasaran ini pun akan teruji dimasa-masa sulit, seperti yang terjadi sekarang ini yaitu wabah atau pandemi covid-19 di seluruh Dunia.

Perencanaan sederhana pun cukup ketika akan memulai daripada tidak sama sekali. Untuk itu, mari kita bahas apa saja yang ada di dalam aspek pemasaran tersebut.

BACA JUGA: Menyadari & Memahami Tujuan Pemasaran dalam Sebuah Bisnis

6 Aspek Pemasaran untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

[img.2] Aspek Pemasaran untuk Bisnis
Courtesy of Pixabay.com
Ketika sebuah bisnis ingin menentukan mau kemana arah kampanye pemasaran mereka, maka sudah jadi keharusan bisnis tersebut memiliki strategi pemasaran yang sesuai. Aspek-aspek pemasaran bisa dikategorikan menjadi 6 kategori yang umum dilakukan oleh para marketer.

Berikut poin-poinnya:

1. Strategi Pemasaran
2. Riset Pemasaran
3. Digital Marketing
4. Corporate Sales
5. Branding & Advertising
6. Retail Marketing

Tujuan pemasaran sekarang tidak hanya untuk memasarkan produk kita, tapi juga termasuk treatment sebelum (presales) hingga sesudahnya (postsale).

Mari kita bahas ke-6 aspek di atas.

1. Strategi Pemasaran

Pada poin pertama ini, kita harus mempersiapkan strategi yang sesuai dengan strategi perusahaan secara keseluruhan. Hal ini akan berguna nanti dimasa depan, dimana strategi tersebut akan berdampak pada hasil pemasaran perusahaan dan pencapaian tujuannya.

2. Riset Pemasaran

Sebelumnya dunia bisnis berfokus untuk melakukan promosi terhadap produk mereka masing-masing, namun seiring berjalannya waktu dan bertumbuhnya persaingan strategi tersebut tidak lagi berhasil.

Kini banyak business marketer melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat produk yang ingin mereka jual. Inilah yang dinamakan dengan riset pemasaran.

Dengan melakukan ini Anda dapat mengetahui siapa pesaing Anda dan seberapa besar scoop market Anda. Setelah mengetahui ini, Anda pun bisa memposisikan ingin seperti apa bisnis Anda dalam pasar.

3. Digital Marketing

Banyak perusahaan besar mulai memasukkan digital marketing menjadi channel pemasaran yang penting untuk diperhatikan. Pemasaran disini mencakup media-media yang bentuknya digital.

Loading...

Mengapa kini digital marketing menjadi aspek pemasaran yang penting? Karena dengan digital marketing, bisnis Anda bisa menjangkau target market yang lebih luas daripada sebelumnya dengan budget yang efisien. Digital Marketing disini termasuk SEO, email marketing, socialmedia, dan lain sebagainya.

4. Corporate Sales

Jika bisnis Anda bergerak dalam menyediakan sesuatu untuk atau melayani bisnis lain, maka lewat corporate sales bisnis Anda bisa menjalin relasi yang baik dengan customer agar kerjasama jangka-panjang terjadi.

Salah satu contoh adalah jika sebuah service business mengadakan kontrak selama 5 tahun dengan bisnis lain dalam rangka menggunakan layanannya.

5. Branding & Advertising

Branding menjadi penting dalam rangka meng-‘akrab’-kan brand perusahaan ke dalam pikiran customer mereka. Pada fase ini perusahaan sangat memerlukan public relation yang handal untuk mencapai tujuan perusahaan, termasuk menjalankan variasi promosi yang ada.

BACA JUGA: 7 Strategi Pemasaran Jasa yang Pas dilakukan di Era Digital Sekarang Ini

6. Retail Marketing

Produk yang masuk ke dalam kategori retail akan memerlukan hal ini. Karena aspek pemasaran ke-6 ini melibatkan pemasaran prouk di toko-toko retail. Dalam hal ini juga termasuk in-store activations, product promotions, dan branding.

Setelah mengetahui ke-6 aspek marketing di atas, saya akan mengajak Anda untuk juga memahami objective atau tujuan dari aspek pemasaran di atas.

Beberapa Tujuan dari Aspek Marketing

[img.3] Tujuan Marketing
Courtesy of Pixabay.com
Sebuah tehnik, strategi atau teori-teori yang ada tak akan ada artinya tanpa adanya tujuan atau objective. Untuk bisa dengan sukses mengaplikasikan aspek pemasaran di atas, kita juga harus paham ada saja tujuannya.

Di bawah ini, saya akan jabarkan 5 tujuan dari aspek pemasaran:

1. Untuk meningkatkan Sales
2. Untuk memperkenalkan Brand atau Brand Awareness
3. Untuk meluncurkan produk atau service baru
4. Untuk mendapatkan customer baru
5. Untuk meningkatkan hubungan dengan customer

5 tujuan di atas mungkin hanya beberapa dari tujuan yang ada, Anda pun bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan Bisnis.

Pada Akhirnya, Pengaplikasian di Lapangan harus Selaras

Mendesign strategi pemasaran lewat aspek-aspek di atas tentu kembali pada pengaplikasiannya. Jika sebuah strategi yang baik tidak dilakukan dengan sesuai, maka hal itu akan sia-sia.

Maka pada akhirnya, harus ada sinkronisasi antara pihak yang mendesign pemasaran dengan eksekutor lapangan.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.