9 Aplikasi Jual Beli Online ini bisa Anda gunakan untuk Mencari Produk Murah namun berkualitas Tinggi

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Aplikasi Jual Beli Online
Courtsey of Pixabay.com

Jika dahulu para pedagang perlu berkelana puluhan kilometer untuk mencari barang dagangan yang tepat untuk dijual kembali, kini dengan aplikasi jual beli online Anda sudah bisa mencari ragam produk murah yang berkualitas.

Pasalnya, dengan munculnya para pioneer e-commerce Indonesia seperti Lazada & Zalora, serta pioneer marketplace Tokopedia & BukaLapak, kini makin banyak bermunculan aplikasi serupa yang tak kalah bagusnya pula. Beberapa mungkin mencari peruntungan saja, beberapa benar-benar serius ‘menggeser’ pendahulu sebelumnya dengan berbagai strategi, baik dana ataupun skill marketing.

Bagi Anda para Pebisnis Online, keadaan ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari supplier produk-produk yang ingin Anda jual lewat internet, baik marketplace juga, social-media ataupun situs tersendiri. Cukup dengan bermodalkan aplikasi jual beli online, maka Anda bisa meng-explore ragam produk yang tersedia.

Perbedaan E-commerce dan Marketplace

[img.2] Perbedaan
Courtsey of Pixabay.com
Beberapa orang masih belum paham apa perbedaan dari e-commerce dengan marketplace. Pada keduanya cukup berbeda pengertian, serta cara kerja.

E-commerce adalah sebuah situs yang menyediakan beragam produk sehari-hari, yang berada dalam satu naungan perusahaan. Sehingga, jika kita bertransaksi disana, kita akan bertransaksi dengan sebuah perusahaan yang memiliki seluruh produk disitus tersebut. Entah produk-produk dalam aplikasi jual beli online tersebut mereka miliki sendiri, ataupun ada pihak-pihak yang menitipkan ke warehouse mereka.

Sedangkan marketplace, adalah sebuah situs yang menyediakan tempat atau ‘place’ seseorang untuk berjualan produk yang mereka miliki dengan mendaftar sebagai user disana. Sehingga transaksi yang terjadi, adalah langsung antara penjual dan pembeli tersebut, sedangkan situs tersebut hanya sebagai perantara keamanan saja (security) termasuk pembayaran atau sering disebut “Rekening bersama”.

Beberapa Aplikasi Jual Beli Online yang Populer dan Sedang Naik Daun

Jika Anda seorang pembeli boleh jadi diskon dari berbagai aplikasi tersebut adalah penawaran yang menarik, namun bagi penjual ini juga berharga. Dengan promo tersebut, tentunya mereka akan lebih bisa mengambil untung dari penjualan yang nanti mereka lakukan.

Dari beberapa aplikasi jual beli online yang ada, beberapa di bawah ini adalah yang paling populer dan sedang naik daun.

1. Lazada

Aplikasi ini jika dipilah menjadi e-commerce atau marketplace, maka bisa dikategorikan sebagai e-commerce. Karena untuk berjualan disana, para penjual harus menitipkan produk mereka ke warehouse Lazada dengan jaminan tertentu.

Saat ada pembeli di situs Lazada, maka produk akan dikirimkan langsung oleh Lazada dari kantor mereka.

Akhir-akhir ini, Lazada sering mengadakan promo-promo seperti Gratis ongkos kirim, diskon serta kemudahan untuk bayar di tempat (COD). Promo tersebut bisa Anda manfaatkan untuk toko online Anda, atau sekedar menikmati diskon untuk pribadi saja.

2. BukaLapak

Berbeda dengan Lazada, BukaLapak adalah marketplace yang menyediakan tempat (lapak) bagi para pebisnis online. Aplikasi jual beli online ini cukup banyak terinstall di HP pengguna gadget, tercatat sudah di download sebanyak 10 juta kali meski belum sebanyak Lazada.

Fitur yang menarik bagi pengguna BukaLapak sekarang ini adalah BukaDompet. Meski kabarnya masih dalam ‘hold’ oleh OJK karena belum berizin, tapi fitur ini sangat membantu pembeli sebagai jaminan uang kembali saat ternyata produk gagal dikirim atau habis.

BACA JUGA: Trik WhatsApp Sehati-hari untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda

3. Olx.co.id

Aplikasi ini lahir dari penggabungan antara TokoBagus dan Berniaga beberapa tahun lalu. Meski begitu, pengguna kedua situs sebelumnya sudah otomatis tergabung ke dalam Olx.

Olx ini sebenarnya dikategorikan sebagai marketplace, namun berbeda dengan Lazada & BukaLapak, Olx tidak menyediakan sistem pembayaran dari mereka.

Pembeli harus benar-benar berinteraksi langsung dengan penjual barang yang terpampang di aplikasi tersebut lewat kontak HP yang ada disana, termasuk pembayaran. Jika sudah sepakat, maka pembayaran bisa ditentukan lewat transfer atau bertemu di suatu tempat (COD)

4. Tokopedia

Selain BukaLapak, punggawa marketplace di Indonesia siapa lagi kalau bukan Tokopedia. Menyerap nama dari Wikipedia, Tokopedia seakan-akan menjadi ensiklopedia produk apapun yang Anda cari.

Dalam aplikasinya, tokopedia unggul dalam UI & UX yang sederhana namun kaya fitur.

Aplikasi jual beli online ini menjadi andalan para pebisnis Online. Mengapa? Karena tokopedia memiliki fitur filter yang bisa mengurutkan produk mana yang laris di aplikasi tersebut?

Sehingga, pebisnis Online khususnya dropshipper bisa menentukan produk mana yang akan mereka jual lewat channel marketing lain.

5. Carousell

Ini adalah salah satu aplikasi yang paling disukai ibu-ibu rumah tangga. Mengapa begitu? Karena itulah kenyataan yang saya lihat. 😀

Carousell memungkinkan calon pembeli untuk melakukan penawaran harga kepada penjual. Penjual bisa menurunkan harga produknya, atau bisa juga tidak.

Mungkin fitur inilah yang membuat aplikasi ini disukai ibu-ibu. Sifat ibu-ibu yang tidak terlalu ngotot saat menjual, namun bersikukuh saat menego harga jadi titik temu aplikasi ini.

BACA JUGA: Bisnis Tiket Online Punya Potensi Besar di Indonesia. Begini Cara Memulainya!

6. Shopee

Shopee adalah aplikasi yang juga sedang digandrungi ibu-ibu sekarang ini. Dengan promo FREE ONGKIR sudah membuat aplikasi jual beli online ini dipakai baik oleh pembeli hingga penjual online.

Sampai-sampai ada Guru Marketing di social-media yang mengajarkan cara menjual produk hingga laris di Shopee.

UI & UX-nya yang clean-look serta friendly, membuat ibu-ibu mudah mengoperasikannya.

7. Prelo

Jika biasanya seseorang menjual produk dengan kategori “Baru” atau “Bekas” di aplikasi jual beli online, Prelo melabeli dengan nama lain lagi.

Preloved kata mereka, menurut deskripsi dari Google Play aplikasi ini dikhususkan bagi mereka yang ingin menjual barang Preloved (bekas) yang sudah tak terpakai lagi.

Mereka menjamin bahwa produk yang ditawarkan disini adalah Asli, mungkin karena ada filter kepada calon penjual ‘Preloved’ disini.

Aplikasi ini juga teintegrasi dengan social-media, sehingga Anda juga bisa mengetahui medsos penjual produk Preloved tersebut.

8. Jualo

Aplikasi ini seperti aplikasi jual beli online lainnya. Disini anda bisa mencari produk-produk pilihan sesuai kategori yang telah ditetapkan.

Perbedaan dengan aplikasi lain, di Jualo Anda pun bisa mencari jasa yang Anda perlukan. Ini bisa jadi strategi penawaran jasa diluar skill Anda, lalu ditawarkan ke calon customer nantinya.

Ralat:
Sebelumnya disebutkan Jualo adalah proyek mas Nukman Luthfie, ternyata ada kesalahan rujukan yang dikirakan penulis. Proyek mas Nukman Luthfie yang benar adalah Jualio.

Disini Anda bisa menggunakan rekening bersama, ada verified seller juga untuk menjamin kebenaran penjual, serta fitur share ke social-media untuk produk Anda.

9. JD-id

Ini dia aplikasi jual beli online yang sedang sering sekali beriklan di televisi. Dengan jaminan produk asli JD.id memberikan keamanan pembeli termasuk penjual yang ingin menjual kembali produk tersebut.

Ada berbagai promo yang ada disini, serta banyak pilihan metode pembayaran seperti: COD, Card-Swipe On Delivery, Bank Transfer, dll.

Berjualan lewat E-commerce & Marketplace

Sebagai pebisnis, aplikasi-aplikasi di atas bisa dimanfaatkan untuk mencari produk dengan penawaran terbaik. Selanjutnya Anda bisa menjualnya kembali lewat social-media atau website sendiri.

Atau Anda juga bisa menjualya cross-website, misalnya Anda ambil produk di Tokopedia lalu jual di BukaLapak, begitu seterusnya.

Selamat mencoba ya kawan, semoga sukses! (Raf)

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)