6 Tips Liburan yang Bermakna untuk Entrepreneurs

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Quality Vacation
Courtesy of olx.co.za

Liburan adalah momen paling menyenangkan baik bagi karyawan atau pelaku bisnis.

Untuk karyawan, liburan hanya bisa dilakukan dengan cuti atau ketika libur panjang kalender. Berbeda dengan karyawan, pelaku bisnis bisa jadi bekerja keras saat hari libur tiba karena pada hari itu pelanggan bisa jadi membludak di toko-toko hingga supermarket.

Tapi perlu anda ketahui, bahwa¬†Liburan itu berbeda dengan¬†Hari Libur lhoo. ūüėõ

Liburan bagi pelaku bisnis bisa dilakukan kapan saja, dalam artian ketika urusan bisnisnya sudah selesai dan bisnis mereka bisa tetap berjalan melayani customer ketika ia meninggalkannya.

Mau Download Konten ini Versi PDF untuk dibaca Mobile? Klik Disini!

Pelaku bisnis perlu diketahui tidak dapat sering-sering berlibur, karena intensitas bisnis yang tinggi bisa jadi mereka tidak sempat memikirkan liburan. Maka dari itu, ketika pebisnis berlibur mereka biasanya akan melakukannya secara maksimal. (bukan berlebihan tentunya)

[img.2] Liburan Berkualitas
Courtesy of executive-grapevine.com

Liburan yang Berkualitas, Membuat Hidup juga Berkualitas

Berlibur artinya melepas kepenatan bisnis sehari-hari, maka tidak direkomendasikan terus membawa PR atau masalah bisnis ketika liburan baik bersama keluarga ataupun kerabat.

Mashable memberikan 6 tips penting bagi seorang pebisnis agar sebuah liburan jadi lebih bermakna.

1. Informasikan Liburanmu kepada Klien

[img.3] Informasikan Klien
Courtesi of Forbes.com
Jika anda memiliki klien yang sering menghubungi untuk mendiskusikan sebuah proyeknya, informasikan kepada mereka bahwa di weekend kali ini anda sedang dalam liburan dan mohon untuk tidak diganggu.

Selain membantu ketenangan anda saat liburan, kita juga jadi bersikap professional dalam pekerjaan kita dengan memberlakukan Office dan Non-office Hour.

2. Atur Waktu Online Anda

[img.4] Online Scheduling
Courtesy of vcita.com
Beberapa pengusaha memberikan¬†waktu “off” pada social-media¬†mereka¬†saat¬†liburan, mungkin bagi¬†beberapa orang hal¬†ini sulit karena mungkin aktivitas¬†mereka banyak menggunakan¬†gadget.

Jika hal itu yang terjadi, anda dapat memberlakukan pembatasan untuk online yang terus-menerus. Misalnya hanya membuka social-media saat pagi, jam 7-9 anda lakukan untuk online social-media, cek toko online, campaign iklan atau moderasi e-mail, sisanya jauhkan diri dari laptop.

3. Fokus pada ‘Big Picture’

[img.5] Fokus pada Big Picture
Courtesy of armypictorialcenter.com
Saat hari-hari biasa mungkin anda¬†sering berpikir tentang ‘perintilan’ bisnis yang sedang dijalani, hari libur saatnya anda¬†kembali evaluasi visi & misi besar bisnis¬†anda.

Visualisasikan bagaimana bisnis kamu 5, 10, hingga 20 tahun kedepan. Bagaimana perkembangan diri anda, kebahagiaan keluarga nanti, dan hal-hal lainnya.

4. Pastikan Tim Kamu juga Memaksimalkan Liburan Mereka

[img.6] Liburan dengan Team Bisnis
Courtesy of teamholiday.co.uk
Jika anda¬†sudah memiliki¬†tim bisnis, pastikan tim anda¬†juga memaksimalkan liburannya. Mereka memiliki keluarga, saudara atau kerabat juga bukan? ūüôā

Atau jika masih single, anda sebagai owner bisnis bisa mengajak mereka untuk rekreasi. Sekaligus menghibur mereka yang sudah membantu anda selama ini, momen tersebut bisa jadi ajang soliditas tim juga.

Berikan liburan yang bermakna bagi mereka!

5. Jika Anda Mulai Merasakan Stres, Katakan Tidak!

[img.7] No Stress
Courtesy of gfi.com
Menjadi seorang pebisnis tidak jarang membauat seseorang stres. Jika anda mulai merasa stres, katakan tidak!

Maksudnya agar otak kita kembali tersugesti positif, berikan berbagai alasan agar anda tetap berbahagia. Beryukur, melihat bisnis yang berkembang, atau kesempatan-kesempatan di depan yang belum diraih.

Agar anda bisa ‘refresh’ lagi gitu. ūüėõ

6. Jangan Merasa Bersalah atas Liburanmu

[img.8] Gulty Feeling
Courtesy of bigthink.com
Waktu relax itu hal penting bagi tubuh dan pikiran anda, ini berguna supaya tubuh dan pikiran anda¬†dapat kerja maksimal lagi nanti.¬†Jadi janganlah merasa bersalah jika anda berlibur‚ÄĒmerasa terlalu berlebihan berlibur misalnya padahal waktu tersebut bisa anda gunakan untuk pengembangan bisnis. (Raf/mashable)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)