15 Website Belajar Bisnis Online Terbaik Versi Plaza Bisnis

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing πŸ”— & Master Facebook Ads πŸ”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Website Belajar Bisnis Online
Courtesy of Pixabay.com

Dahulu segala pembelajaran (termasuk belajar bisnis online) yang kita dapatkan hanya dapat kita raih lewat buku cetak fisik, ataupun langsung dari Gurunya sendiri. Namun kini berbeda, ada internet yang membuat orang makin mudah untuk mengaksesnya.

Segala macam pelajaran ataupun informasi ada di internet, dan terangkum di tiap-tiap website yang dikelola orang seorang maupun sekelompok orang.

Dan pastinya dari sekian banyak informasi itu ada beberapa yang dapat anda gunakan untuk belajar bisnis online.

15 Tempat Belajar Bisnis Online Terbaik di Internet!

Berikut saya rangkum beberapa website tempat belajar bisnis online yang recommended baik Lokal maupun Internasional. Silahkan disimak πŸ™‚

Lokal

  1. AnneAhira.com

[img.2] Belajar Bisnis Online di Website Anne Ahira
Courtesy of AnneAhira.com
Rasanya akan sangat ‘kualat’ jika saya tidak menyertakan mbak Anne Ahira pada urutan nomor satu.

Karena selain website beliau membahas internet marketing, beliau mungkin juga jadi jalan ilmu internet marketing para master-master Bisnis Online di Indonesia.

Perjalanannya menjadi affiliate di Amazon yang pertama kali di Indonesia, menjadi jalan kesuksesannya membesarkan bisnis lainnya dan tentu dirinya sebagai Guru Internet Marketing di Indonesia

Saya ingat saat pertama kali mengakses video Gratisnya, waktu itu kalau tidak salah ada 4 Video yang mengajarkan bagaimana basic bisnis online itu bekerja.

Anda bisa mendaftar menjadi member gratisnya, lumayan bisa jadi tempat belajar untuk pemula seperti saya. πŸ˜€

  1. Andriezone.com

[img.3] Belajar Bisnis Online di Website Andrie Anropia
Courtesy of Andriezone.com
Website ini saya taruh di urutan kedua, karena beliau adalah orang yang pertama kali saya beli course Premiumnya πŸ˜€

Saya yang waktu itu newbie melihat iklan di Facebook berjudul “Bagaimana Menghasilkan 10 Juta dari Facebook” langsung mengklik dan mendaratlah ke landing page beliau.

Disana ada Video Gratis yang dikirimkan linknya ke e-mail saya, dari sana saya terus mendapatkan e-mail series beliau tentang Bisnis Online.

Dan pada akhirnya, ditawarkanlah produk 30 Hari Elite Program Online Course. Dari sana akhirnya saya belajar banyak bagaimana membangun website, affiliate dan mencari produk yang potensial.

Review dari saya? Lumayan buat pemula πŸ˜€ , kekurangannya harga terbilang cukup mahal. Namun worthed lah jika dihitung-hitung dari Bonus yang mas Andrie sediakan. πŸ™‚

  1. Revorma.com

[img.4] Belajar Bisnis Online di Website Vatih
Courtesy of Revorma.com
Website ini dikelola oleh kenalan saya di Facebook yang bernama Ibrahim Vatih (Fattah). Beliau berasal dari Magetan, dan anak ke sekian dari keluarga besar Ust Rosyadi.

Saya pribadi malah lebih kenal dengan Mas Fat-Han Fauzan lewat Crew di salah satu event Jodoh yang saya kerjakan di Glanz Organizer. Lalu kaget-kaget sendiri setelah tahu kalau beliau bersaudara dengan Mas Vatih ini.

Lewat websitenya saya belajar betul tentang bagaimana mengembangkan Bisnis Online lewat Search Engine Optimization (SEO) dan rujukan saya untuk belajar bisnis online pada umumnya.

Salah satu artikelΒ yang menarik yang pernah saya baca adalah studi kasus tentang bagaimanaΒ menembus keyword 2 kata dengan pencarian besar.

Sekarang ini beliau memfokuskan dirinya ke bisnis Publisher Adsense, setelah sebelumnya memutuskan berhenti dari bisnis Web Service.

Kini situs remorva jadi rujukan saya yang utama untuk tips-tips SEO di plaza-bisnis.com, karena selain artikelnya bergizi, tulisannya juga singkat-singkat namun tajem πŸ˜€

  1. Panduanim.com

[img.5] Belajar Bisnis Online di Website Darmawan PIM
Courtesy of Panduanim.com
Saya lupa bagaimana sebelumnya nyasar ke website ini. Sepertinya lewat Google, yang berarti hal tersebut menjadi legitimasi bahwa memang beliau jago dalam hal per-SEO-an.

Nama pemiliknya adalah Darmawan, saya tidak begitu kenal lebih jauh, tapi tulisan bisnisnya yang mendalam membuat saya jatuh hati di setiap postingan yang situs ini buat.

Dahsyatnya, postingan yang Mas Darmawan publish di situsnya ini berada dalam frekuensi yang cukup jarang, yaitu 1 minggu sekali!

Rumusnya dalam merajai SEO adalah bagaimana menyajikan konten yang mendalam dan setail membahas masalah pembaca.

Jadi jangan heran kalau artikel yang ada di setiap postingannya panjang-panjaaang! (Cek sendiri kalau berani).

  1. Strategimanajemen.net

[img.6] Belajar Bisnis Online di Website Pak Yodhia
Courtesy of Strategimanajemen.net
Salah satu blog tentang Manajemen favorit saya, karena ditulis dengan gaya bahasa santai tapi tetap mengena bagi orang yang ingin belajar manajemen.

Artikel fenomenal yang pernah saya baca berjudul “The Fall of SONY : Kisah Sony Xperia dan Lenyapnya Libido Seksualitas”. Sehabis baca baru ngerti isi kadang beda dengan sampul. πŸ˜€

Tapi bener sekali, ke-expert-an beliau dibidang manajemen dan Blogging (Blog beliau pernah mendapatkan award sebagai Blog terbaik no.1 tahun 2010) terbukti saat beberapa waktu yang lalu sempat diundang NET TV untuk sharing tentang kesempatan meraih uang dari Blogging.

Sekedar info, beliau mengupdate artikel di Blog-nya setiap Senin & Kamis. Jadi silahkan pantengin ya hari-hari tadi.

  1. Fikryfatullah.com

[img.7] Belajar Bisnis Online di Website Mas Fikry
Courtesy of Fikryfatullah.com
Orang yang satu ini bisa dibilang unik, selain karena cara bicaranya yang santai tapi beliau juga anak Musik yang TOBAT!

Tapi tenang dulu, beliau bukan tobat dari hal buruk ya. Tobat beliau maksudnya ialah berhenti dari dunia musik, dan masuk ke dunia bisnis. Dahsyatnya, disini ternyata keahlian beliau yang diapresiasi.

Blog bisnis yang beliau kelola banyak membahas studi kasus yang beliau benar-benar alami. Karena expertise-nya dibidang email marketing, maka tulisannya akan terasa sangat “daging” saat membahas tentang list building dan turunannya; copywriting, landing page, email marketing, dll.

Seperti mas Darmawan, tulisan di Blog beliau ini sangatlah panjang. Karena berupa studi kasus, jadi mulai dari proses yang berhasil hingga gagal pun dibahas.

Bagusnya, kita jadi bisa tau mana yang ‘work’ dan mana yang tidak.

  1. Ramadoni.com

[img.8] Belajar Bisnis Online di Website Bang Doni
Courtesy of Ramadoni.com
Mas Doni ini saya kenal awal mula ngumpul kreatif di Jl. Nusantara Depok, dulu ada markasnya orang-orang keren Depok disana, namanya Rukema. Saya kenal lewat Mas Maula Digital Strategist-nya Afrakids yang juga kakak kelas di kampus dulu.

Sudah agak lama sebenarnya terakhir saya akses ke web beliau, yang saya pahami fokus tulisannya berkisar antara blog dengan CMS Open Source WordPress.

Disana anda bisa belajar gimana membangun website menggunakan wordpress dan optimasinya, kecepatan, konten, serp dan berbagai tips website lainnya.

Kebelakang artikel beliau juga menyentuh sisi-sisi manajemen dalam bisnis, hal ini masih dalam bidang beliau yang juga satu tim dengan Mas Maula di Afrakids.

  1. Gegeriyadi.com

[img.9] Belajar Bisnis Online di Website Teguh
Courtesy of Gegeriyadi.com
Web sahabat saya yang satu ini ternyata update! Jarang kelihatan, namun ternyata diam-diam dia menyimpan ke-suhu-annya disini.

Pembahasan yang dia lakukan lebih mendalam tentang website, mulai dari bahasa-bahasa pemrograman yang mudah seperti: admin, login, dll, hingga yang rumit seperti: Google Bot, SSL, Cpanel, .htaccess, dll.

Silahkan kunjungi websitenya, banyak wawasan menarik yang kadang tidak saya temukan di website lainnya.

  1. DigitalMarketer.id

[img.10] Belajar Bisnis Online di Website Mas Denny Santoso
Courtesy of Digitalmarketer.id
Blog yang satu ini mungkin anda sudah pernah dengar, pemiliknya ialah seorang Digital Marketing expert yaitu Denny Santoso. Beliau memulai bisnis onlinenya dengan menjual suplemen kesehatan untuk Pria beserta dengan mengelola sebuah Blog yang fokus tentang Fitness.

Dari pengalamannya tersebut, ia pun akhirnya membuat Digitalmarketer.id sebuah blog atau website yang fokusnya bagaimana mengelola campaign digital di platform Facebook dan bagaimana flow funnel yang tepat untuk pemasaran.

Sebelum membuat blog ini, beliau sebelumnya sudah lebih dulu membuat blog bisnis yang fokus ke bidang startup bersama sahabatnya, apa itu? Simak list setelah ini.

  1. Startupbisnis.com

[img.11] Belajar Bisnis Online di Website Startup Bisnis
Courtesy of Startupbisnis.com
Ini salah satu blog yang saya gemari awal mula mengenal apa itu startup. Dari blog ini saya pun mengenal bagaimana sebuah bisnis dapat merevolusi dirinya dari konvensional menjadi digital, yaitu startup.

Blog ini dikelola oleh 2 orang co-founder, yaitu Rein Mahatma dan Denny Santoso. Namun nampaknya sekarang Mas Rein yang lebih fokus untuk mengelola blog ini.

Yang saya suka dari blog ini, sering ada info event-event gratis tentang bisnis yang diadakan co-founder bersama kawan-kawan bisnisnya.

Kisah-kisah startup lokal dan luar negri yang mereka ambil sebagai inspirasi bisnis juga dapat memecut semangat anda untuk segera take-action dalam berbisnis.

  1. Maxmanroe.com

[img.12] Belajar Bisnis Online di Website Maxmanroe
Courtesy of Maxmanroe.com
Pertama masuk ke website ini, kesan yang saya dapat adalah: Clean Looks!

Karena penataan layout yang apik, dan tentunya konten yang bergizi akhirnya saya betah baca-baca artikel disini.

Pada dasarnya blog ini memuat berbagai macam berita tentang bisnis, mulai dari tips bisnis online, marketing online, kisah bisnis yang menginspirasi hingga berita teknologi internasional.

Digawangi oleh Mas Marikson, beliau dan beberapa penulis lainnya dengan serius membangun blog ini mulai dari konten website hingga platform sosial-medianya.

Btw Facebook Fanpages dan twitter blog ini sudah puluhan ribu Like dan ribuan followers lho! πŸ™‚

Luar

Setelah tadi saya infokan 11 website bisnis lokal yang recommended untuk anda ikuti, berikut akan saya lanjutkan dengan 4 blog/ website bisnis tambahan dari Luar Negri yang sangat fokus dalam membantu blogging, SEO dan bisnis online pada umumnya

  1. Backlinko.com

[img.13] Belajar Bisnis Online di Website Backlinko
Courtesy of Backlinko.com
Didirikan oleh Brian Dean, seorang Full-Time blogger yang memulai artikel pertamanya dari pojok dapur apartemennya. Kini, visitor blog mereka dapat mencapai 25,000 unique visitor per bulannya.

Ia fokus dalam hal backlink dan mengoptimasi peringkat website pada pencarian Google. Bahkan dalam salah satu artikelnya ia mematenkan sebuah tehnik yang ia sebut dengan ‘Skycraper Technique’.

Menarik mengikuti berbagai panduan yang Brian sampaikan pada blognya. Ia mengaku hanya menerbitkan 1 konten saja setiap minggunya, dan tetap jadi nomor 1 di keyword-keyword dengan pencarian besar.

Bahkan blognya mendapatkan peringkat 1 pada keyword pencarian 1 kata. “backlink”. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa!

  1. MatthewWoodward.co.uk

[img.14] Belajar Bisnis Online di Website Matt
Courtesy of Matthewwoodward.co.uk
Blog luar negeri kedua yang saya ulas adalah blog garapan Matthew Woodward. Dari header yang ia gunakan, jelas ia merupakan seseorang yang benar-benar mengetahui apa yang ia kerjakan!

Lebih dari 2 award ia dapatkan tentang ‘Making Monet Online’, dan hal tersebut terlihat dari kualitas konten yang ia tawarkan ke pembacanya.

Mulai dari trik menggunakan tools, mengetahui konten yang berkualitas, serta bagaimana memonetize sebuah blog agar dapat menghasilkan ‘passive income’.

Tidak jarang ia mengulas pendapatan bulanan blognya, disana ia juga menawarkan blogger lain untuk menampilka pendapatan blog mereka masing-masing.

  1. NeilPatel.com

[img.15] Belajar Bisnis Online di Website Neil
Courtesy of Neilpatel.com
Blog personal yang bertransformasi menjadi rujukan bisnis Internasional ini digawangi oleh seorang anak muda dari India yang membuat saya takjub.

Lingkungan keluarga yang dimana didominasi oleh para pebisnis, membuat ia memutuskan untuk terjun dibidang yang sama. Walau awal mula karirnya ia lakukan sebagai karyawan di sebuah toko mainan, sebagai cleaning service.

Ia sering melakukan kontribusi ke website-website ternama seperti Entrepreneurs.com, Forbes.com, dan website bisnis besar lainnya.

Analisanya mengena dan tepat dengan apa yang terjadi sekarang ini (up-to-date). Ia pun menghasilkan beberapa startup bersama sahabatnya, mulai dari Hellobar, CrazyEgg dan Quicksprout!

  1. Quicksprout.com

[img.16] Belajar Bisnis Online di Website Quicksprout
Courtesy of Quicksprout.com
Blog ini bisa saya bilang sebagai blog bisnis dari Neil, namun konten yang dimilikinya bisa dibilang bergizi untuk anda yang suka dengan wawasan ‘Making Money Online’.

Mulai dari content marketing, social media optimization dan Startup Tips Neil paparkan disini.

Selain wawasan tentang blog dan bisnis, anda juga bisa mencoba course online-nya dengan Gratis lho selama 30 hari. Mudah-mudahan disana anda bisa mempelajari bagaimaa Neil membangun blog-blog besarnya.

Fokus!

Selesailah review beberapa blog bisnis besar untuk belajar bisnis online yang saya tau mulai dari Lokal hingga International. Semua blog yang saya sebutkan benar-benar blog yang saya baca, sehingga saya benar-benar mengetahui kualitasnya.

Beberapa saya jadikan referensi utama, beberapa saya jadikan referensi tambahan.

Namun saya sarankan untuk anda, pilihlah salah satu dari 15 blog diatas sebagai tempat belajar utama. Ikutlah course-nya dan selesaikan hingga tuntas!

Baru anda boleh lompat lagi ke yang lain.

Tapi saya pastikan, mengikuti satu saja konten dari 15 blog diatas, akan sangat membuat anda expert dalam bidang Blogging dan Bisnis Online.

Selamat belajar! πŸ˜€ (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! πŸ™‚
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

40 Comments

  1. Hai..

    Terima kasih sebelumnya sudah berkomentar di prolapak.
    Untuk 15 website di atas, terima kasih banyak karena saya bisa mendapatkan referensi untuk tulisan dan ilmu – ilmu baru πŸ˜€

    Salam,
    Reyhan Ivandi

  2. Nice info mas, terutama untuk website-website di indonesia. Saya fans Startupbisnis.com dan digitalmarketer.id milik Pak Deny Santoso. Dan untuk website luar Neilpattel bahasannya benar-benar sangat mendalam. Recomended banget.

    • Yes mas, buat saya yg nubie web2 mereka ngebantu banget. Walau jadinya bingung mw ikuti benar2 yg mana πŸ˜€

  3. kalau ane ahira saya sudah lama tau tapi saya belum pernah jadi membernya, kalau saya mah cuma ngandalin blog saya untuk ngumpulin recehan rupiah, yang penting dapur bisa tetep ngebul mas.

    • Yaps! Bener mas, semua punya ilmu yang kueren-kueren masing-masing. Semoga gak galau belajar darimananya πŸ˜€

    • Saya pertama kali baca2 Blog bisnis itu Startup Bisnis, baru tau yang namanya Max Manroe & Mas Andrie. Semoga berguna ya, dan makin sering belajar πŸ™‚

  4. “hi!.. Salam kenal semuanya, nama saya Rahmat. Selama saya berkunjung diwebsite ini, saya
    menemukan banyak artikel yang bermanfaat, yang memang saya cari sebelumnya. terima kasih admin,
    dan semuanya.”

  5. Terima kasih sudah berbagi. memang dibutuhkan referensi yang lengkap, agar para pemula tidak salah jalan. Artikel anda sangat membantu para pemula di bisnis online.

    • Yap, betul mas. Makin banyak belajar, banyak tahu. Asal jangan keblinger ngikut ‘aliran’ yang mana nanti. πŸ˜›

    • Hehe, sama mas.. sama-sama (saya jadikan Guru) saya πŸ˜›

      Tapi keliatan mas, theme-nya ‘Satu aliran’ sama mas Vatih. Clean-look sama layoutnya Blog Post gitu, hehe.

  6. Wih ternyata website yang direkomendasiin keren-keren setelah sepintas saya lihat. Langsung saya bookmark dulu daftarnya.

    Sebelum ini saya baru tahu revorma sama panduanim aja. Itu aja belum habis semua saya praktekin tips-tipsnya, hehe.

    • Sip mas, website-website diatas memang beberapa web yang TOP LIST di pasar Lokal ataupun International. Selamat belajar Bisnis Online ya, salam sukses! πŸ™‚

    • Hehe, tak pantas lah dibandingkan dengan para-mastah diatas. Tapi insya Allah, mugi-mugi bisa (paling tidak) menyamai mereka πŸ™‚

    • Sama-sama mas, semoga bermanfaat ya. Bagi-bagi ‘insight’ bisnis kalau dapat di salah satu website tersebut ya πŸ˜€

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)