Inilah 11 Daftar Lengkap Cara Mendapatkan Modal Usaha

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Cara Mendapatkan Modal Usaha
Courtesy of futuready.com

Bahkan sekarang ini berbelanja di Mall yang mengeluarkan duit pun perlu modal atau ongkos, maka sudah pasti berbisnis yang tujuannya mencari uang perlu modal pula.

Setuju? ūüôā

Modal bagaikan ‘momok’ bagi setiap pemula yang ingin mewujudkan impiannya menjadi seorang¬†entrepreneur. Ketidak-adaan modal seperti tembok penghalang dalam mencapai tujuan tersebut.

Kebanyakan orang berpikir bahwa dalam bisnis kita perlu memiliki sekian jumlah modal yang baku.

Padahal modal hanya tantangan pertama dalam proses pembangunan bisnis anda.

Namun, modal tetaplah diperlukan dalam memulai usaha. Entah seberapa besar modal tersebut, anda tetap harus memilikinya.

Kurangnya Modal, Jangan Jadi Penghalang

Sudah banyak para pebisnis lokal maupun internasional yang berhasil membangun bisnisnya tidak berpatokan dari berapa banyak modal yang ia miliki pada awal mulanya.

Tapi jika anda berpikir untuk serius dalam mencari modal bisnis, ada 11 cara mendapatkan modal usaha yang akan saya bahas berikut ini.

11 Tempat & Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Mudah

11 poin ini terdiri dari bagaimana dan dimana anda bisa mencari modal usaha, beberapa diantaranya sulit dilakukan, namun tak sedikit juga yang bisa langsung anda praktekkan langsung.

1. Menggunakan Tabungan/ Modal Pribadi

[img.2] Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Tabungan
Courtesy of gayahidupku.com
Cara ini relatif lebih aman daripada list-list berikutnya. Karena dengan modal sendiri, anda bebas mengontrolnya tanpa harus deg-degan oleh pertanyaan perputaran modal oleh Investor.

Lakukan penyisihan uang-uang tersebut paling tidak seperti berikut ini:

  • 50% kebutuhan & kewajiban bulanan
  • 20% untuk sedekah bulanan
  • 30% untuk modal bisnis anda

Entah modal ini anda kumpulkan dari menyisihkan uang jajan (jika masih sekolah) ataupun dari uang gaji bulanan anda (jika sudah bekerja), mengaturnya perlu konsistensi yang tak main-main.

Karena biasanya dengan mengandalkan modal dari gaji sendiri, tidak ada tanggung jawab disana. Kita cenderung merasa jika bisnis gagal maka tidak apa-apa, toh itu uang sendiri yang bisa dikumpulkan lagi.

Makin parah jika sisihan uang tersebut hanyalah uang sisa saja, jadi bisnis anda hanya terasa ‘sisa’-nya saja. ūüėÄ

2. Modal dari Investor

[img.3] Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Investor
Courtesy of ir.towerjazz.com
Saat bisnis anda memiliki tujuan yang lebih jauh, dan target market yang besar (massive), maka anda perlu Investor besar.

Karena menjaring target yang massive memerlukan promosi yang massive pula, maka modal yang digelontorkan juga perlu dalam jumlah besar saat pertama kali memperkenalkan bisnis anda.

Cara mendapatkan modal usaha dengan mencari Investor ini mungkin sedikit beresiko, mengingat kerjasama ini bersifat serius dan ada hukum tertulis di dalamnya. Walau si investor adalah saudara atau kerabat dekat, saya tetap menyarankan supaya tetap diadakan ‘Hitan diatas Putih’.

‚ÄĒ Tips Memilih Seorang Investor

Dalam memilih investor sendiri sebenarnya kita harus selektif.

Tidak hanya mencari kenalan¬†dengan¬†uang ‘nganggur’ yang ingin uangnya berlipat. Namun cari juga Investor yang bisa juga menjadi Mentor Bisnis anda.

Karena dengan ilmunya yang mumpuni di bidang bisnis, maka ia tak akan menyia-nyiakan uangnya yang ia ‘invest’ di bisnis anda.

Perhatikan juga, apakah Investor sekaligus Mentor Bisnis anda tersebut satu bidang atau tidak dengan bisnis anda. Jangan paksakan beliau untuk menjadi Investor & Mentor anda jika bisnis anda Retail, sedangkan beliau Jasa.

BACA JUGA: Apa Saja Jenis Usaha Kecil Menengah yang Potensial?

3. Crowdfunding

[img.4] Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Crowdfunding
Courtesy of recrowdfunding.eu
Istilah dan cara kerja ‘Crowdfunding’ pertama kali dipraktekkan tahun 1997 oleh sejumlah fans dari Grup Musik asal Inggirs bernama Marillion. (Wikipedia)

Para fans mengumpulkan uang untuk mendanai tour Band tersebut di Amerika Serikat.

Uang yang terkumpul mencapai US$60,000 tanpa keterlibatan Grup Musik Marillion tersebut.

Melihat kesuksesan para Fansnya, Marillion pun melakukan crowdfunding pula pada pembuatan Album mereka Anoraknophobia di tahun 2001 dan menjadi crowdfunding pertama yang dicatat sejarah.

Cara tersebut bisa anda gunakan dalam mengumpulkan modal bisnis anda. Cara mendapatkan modal usaha seperti ini mulai sering dilakukan oleh anak-anak muda di Indonesia.

Bahkan beberapa orang anak muda akhirnya membuat platform tersebut di internet seperti:

  1. Kitabisa.com
  2. Wujudkan.com
  3. Gandengtangan.org

Beberapa situs luar negeri yang juga menyediakan layanan crowdfunding ini adalah:

  1. Kickstarter.com
  2. Indiegogo.com
  3. Crowdfunder.com
  4. Rockethub.com
  5. Crowdrise.com, dan lain-lain

4. Patungan dengan Co-Founder

[img.5] CaraMendapatkan Modal Usaha dengan Mencari Co-Founder
Courtesy of giffconstable.com
Jika dalam memulai bisnis, anda tidak memiliki modal yang cukup untuk di-cover dengan uang sendiri, dan anda tidak terlalu suka diatur oleh investor, maka cara ini bisa jadi jalan keluarnya.

Mencari partner dalam bisnis yang juga dapat menanggung beberapa persen pemodalan tentu sangat membantu bisnis anda dapat tercipta.

Pembagian antara anda dan partner nanti bisa berupa saham, karena dia akan turut serta membantu bisnis anda.

Opsi yang satu ini selain mempermudah dalam memulai bisnis anda, ia juga memberikan anda pengalaman dalam bekerja sama dengan orang lain. Walaupun untuk bisnis di masa-masa membangun saya sarankan untuk mencari partner yang anda sudah kenal baik.

5. Mengikuti Ajang Kejuaraan dan Beasiswa Bisnis

[img.6] Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Mengikuti Kejuaraan
Courtesy of antaranews.com
Potensi kemungkinan untuk mendapatkan modal disini sangatlah besar, tentu harus dipadu dengan kualitas Business Plan yang anda dan tim miliki. Karena biasanya di kompetisi bisnis seperti ini, panitia akan memberikan modal bisnis kepada beberapa pemenang.

Cara mendapatkan modal usaha seperti ini juga banyak digemari pebisnis pemula yang berasal dari akademisi (kampus dan sekolah), karena kemampuan mereka dalam menyusun makalah dengan kombinasi teori dan analisa, ‘melahirkan’ proposal bisnis tidaklah sulit.

Potensi mendapatkan hadiahnya juga tidak kecil. Misalnya ada Juara 1 ~ 3, harapan 1 ~ 3, Juara Favorit, dan juara-juara lainnya, usahakan agar anda dan tim masuk kedalam salah satu pemenang tersebut.

Beberapa kompetisi dan beasiswa Bisnis yang anda bisa ikuti untuk mendapatkan modal usaha diantaranya adalah:

BACA JUGA: Usaha Modal Kecil Untung Besar: Belajar dari Pak Junaidi

6. Manfaatkan Bonus & THR dari Gaji Bulanan Kantor

modal pengusaha
Courtesy of datakata.wordpress.com

Jika pada poin pertama anda harus menabung dengan menyisihkan gaji bulanan anda, kini Bonus ataupun THR anda pun juga bisa digunakan untuk memulai bisnis. Jarang ada yang memikirkan hal ini, karena biasanya bonus dan THR dihabiskan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan tertier.

Cara mendapatkan modal usaha seperti ini cocok dilakukan oleh pekerja yang sudah cukup lama di kantor mereka. Karena biasanya pegawai baru belum bisa mendapatkan Bonus dan Tunjangan Hari Raya.

Hint: Simpan Bonus dan THR anda, sampai anda melihat Promo menarik produk yang dijual di Supermarket untuk anda jual kembali.

Memanfaatkan Bonus dan THR cenderung lebih aman dibanding dengan menyisihkan gaji bulanan untuk bisnis, karena dana ini ibaratkan dana nganggur yang tidak perlu untuk dikeluarkan. Maka memanfaatkannya untuk bisnis justru akan menambah nilai uang tersebut.

7. Pinjaman Koperasi

Permodalan usaha yang satu ini mungkin bisa jadi cara permodalan paling lama di Indonesia. Dengan cicilan yang ringan pilihan ini bisa anda coba, dengan tentunya perjanjian yang aman yaitu bagi hasil.

Jadi si Koperasi akan berperan sebagai semi-investor dengan pembagian hasil yang terjangkau dan tidak menyulitkan pelaku usaha.

Namun perlu anda ketahui bagaimana ciri-ciri koperasi yang sehat dan tidak mengandung penipuan. Salah satunya adalah si Koperasi memiliki Unit Usaha, sehingga mereka memiliki pengalaman dalam mengatur bisnis atau paling tidak menjadi penanam modal bisnis.

8. Lakukan Bisnis Tanpa Modal Terlebih Dahulu

Seperti saya bilang di awal-awal tulisan ini, melakukan bisnis tidak sepenuhnya harus dengan modal besar. Anda bahkan bisa memulainya dengan tanpa modal sama sekali, beberapa diantaranya saya tulis di artikel ini.

Dengan melakukan Bisnis tersebut, maka modal untuk bisnis selanjutnya yang sekiranya memerlukan modal besar akan terkumpul sedikit-demi-sedikit.

Cara mendapatkan modal usaha seperti ini mungkin sedikit sulit, karena pada dasarnya anda sudah dianggap berbisnis disini yang harus mendapatkan pelanggan. Tapi ada keuntungan dibalik kesulitan tersebut, anda sudah memiliki pengalaman menjual saat modal anda terkumpul untuk bisnis besar anda.

9. Cari Pinjaman atau Kerjasama dengan Keluarga

[img.7] Mendapatkan Modal Usaha dari Keluarga
Courtesy of interventionservicesinc.com
Sumber modal untuk bisnis anda saya kira tidak terbatas, anda bisa mencarinya dimanapun.

Salah satu sumber modal yang sering tidak disadari adalah dari Keluarga sendiri.

Saya pernah mencari sponsor pribadi untuk acara Kampus di keluarga saya sendiri. Hasilnya satu kali meminta, saya mendapatkan  50 hingga 100 ribu rupiah.

Maka bukan tidak mungkin apabila anda dengan serius mengajukan proposal bisnis kepada salah satu keluarga anda, maka proposal anda akan lebih mungkin untuk diterima.

10. Tawarkan Kesempatan Menjadi Agen

Beberapa pebisnis yang saya kenal di Facebook memposting peluang bisnis yang ia jabarkan berapa keuntungan dan biaya yang diperlukan untuk bergabung.

Pada awalnya saya tidak menyadari bahwa mungkin hal tersebut adalah salah satu strategi bisnisnya.

Dengan waktu yang relatif singkat pebisnis tersebut mendapatkan¬†comment dari teman-temannya yang menyatakan ingin bergabung. Beberapa ada yang sudah melakukan transfer, hal tersebut diketahui dari komentarnya:¬†“Sudah ditransfer ya mas..”

Ternyata, setelah sekian lama saya baru menyadari. Bahwa langkah yang dilakukan pebisnis tersebut di Facebooknya adalah salah satu cara mendapatkan modal untuk usaha yang potensial untuk dilakukan.

Tapi perlu diketahui, anda harus memiliki track-record yang baik dimata teman-teman Facebook atau social-media lainnya agar peluang bisnis dari anda bisa diketahui.

11. Jadi Pengelola Terlebih Dahulu

Memiliki bisnis memang impian setiap orang, namun apa daya jika kebutuhan modal bisnis kita besar dan anda dalam kondisi tidak dapat memenuhinya.

Carilah kesempatan untuk jadi pengelola terlebih dahulu sebelum modal bisnis anda dapat terpenuhi.

Misalnya, saat anda makan makanan pinggir jalan, ajaklah ngobrol penjualnya. Iseng-iseng tanya kepada si penjual apakah dia memiliki sendiri gerobak dan jualannya, atau si penjual hanya mengelola saja. Jika kebetulan anda mendapati si penjual hanya pengelola, maka saatnya ambil kesempatan untuk jadi pengelola juga.

Biasanya, pemilik dan pengusaha gerobak makanan seperti sate, nasi goreng, pecel dan sebagainya memiliki kebutuhan untuk ekspansi bisnis mereka. Maka kemungkinan besar si pemilik gerobak akan menyetujui ajakan kerjasama anda untuk mengelola gerobak makanan mereka.

Tapi tunjukkan sikap yang dapat dipercaya, karena si pemilik bisnis akan mempercayakan betul asetnya kepada anda.

‚ÄĒ Beberapa Kesempatan Menjadi Pengelola Bisnis

Seperti saya ceritakan diatas, menjadi pengelola adalah cara terakhir yang akan saya sampaikan dalam mendapatkan modal untuk usaha anda. Ada beberapa ide menjadi pengelola yang saya ketahui, beberapanya adalah:

1. Menjadi Pengelola Bisnis Gerobak

Seperti yang saya sebutkan diatas, anda bisa mencarinya dengan bertanya ke pedagang-pedagang pinggir jalan sekita anda. Selain sekaligus studi kasus kemungkinan untungnya, anda juga bisa langsung mendapatkan kontak pemilik Bisnis.

2. Menjadi Driver Mobil Uber atau GrabCar

Kini sedang nge-trend¬†menjadi¬†Driver Online. Mengapa booming sekarang ini? Karena hanya bermodalkan sedikit tapi potensi pasarnya besar. Anda bisa mencari kenalan yang memiliki mobil ‘nganggur’, lalu ajak kerjasama untuk bisnis ini. Anda akan menjadi driver-nya, sedangkan partner bisnis akan jadi pihak yang menyediakan kendaraannya. Tapi sekali lagi, jadilah orang yang terpercaya dengan menunjukkan itikad baik anda.

3. Menjadi Driver Motor Go-Jek atau Grab-Bike

Kurang lebih sama seperti poin diatas, namun bedanya kendaraan disini adalah Motor bukan Mobil.

Hal Terpenting dalam Proses Pencarian Modal bukanlah Mencarinya, Tapi Mengelolanya dengan Baik!

Modal adalah sebuah bentuk kepercayaan dari orang lain kepada Anda.

Maka dengan begitu, modal adalah ‘amanah’ yang harus dijaga dengan sebaik mungkin. Karena tidak sedikit oknum-oknum yang mencoreng proses pencarian modal ini dengan menipu si penyedia modal, baik itu investor perseorangan ataupun¬†sebuah institusi.

Dan tidak cukup sampai disitu, selain menjaganya anda sebagai pengelola modal harus bisa mengembangkan modal tersebut menjadi bisnis yang profitable.

Dengan begitu, modal yang susah-payah anda dapatkan tidak terbuang dengan sia-sia. ūüôā

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI!
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)